Bersihkan Interior Mobil Jangan Asal Pakai Disinfektan

Kompas.com - 29/03/2020, 11:42 WIB
Proses fogging di dalam kabin mobil Vertue ConceptProses fogging di dalam kabin mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 tidak hanya dengan mengurangi aktivitas di luar rumah. Tetapi, bisa juga dengan rutin membersihkan benda-benda yang sering dipegang atau digunakan.

Salah satunya, yaitu dengan membersihkan bagian interior mobil yang sering dipakai untuk rutinitas sehari-hari.

Mengingat, bagian kabin mobil tidak luput dari ancaman penyebaran virus mematikan tersebut. Selama ini banyak yang menggunakan cairan disinfektan untuk membersihkan bagian dalam mobil ini.

Sementara, tidak diketahui mengenai kandungan pasti cairan tersebut dan bagaimana dampaknya terhadap bahan interior mobil.

Baca juga: Catat, Ini Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil

Ilustrasi Membersihkan Interior Mobilist Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil

Edy, pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara, mengatakan untuk membersihkan bagian dalam mobil ini sebaiknya menggunakan bahan yang dipastikan keamanannya.

Tidak hanya keamanan bagi bahan interior mobil saja, tetapi juga orang yang akan berada di dalamnya. Salah satunya adalah aman untuk anak-anak atau bayi.

“Kondisi seperti (penyebaran virus corona) memang banyak menyemprotkan cairan disinfektan untuk interior. Tapi yang aman itu harus dipastikan kandungan alkohol seberapa dan perlu dilakukan penelitian dulu,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

Sehingga, lanjutnya, untuk memastikan keamanan cairan disinfektan yang akan digunakan untuk bagian kabin mobil.

Baca juga: Mengenal Istilah Korok Radiator

Edy menyarankan, untuk memastikan keamanan disinfektan yang disemprotkan di kabin mobil sebaiknya menggunakan yang biasa digunakan untuk bayi.

Detial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.Kompas.com/Setyo Adi Detial interior mobil baru Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.

“Lebih sarankan disinfektan yang biasa digunakan bayi atau menggunakan bran-bran tertentu yang sudah dipastikan aman,” katanya.

Selain aman untuk orang yang akan masuk, Edy mengatakan, disinfektan juga harus aman untuk bagian interior.

Baca juga: Begini Cara Kuras Radiator Mobil Sendiri di Rumah

Mulai dari panel-panel sampai dengan bagian lain yang menggunakan bahan kulit.

“Kalau disinfektan untuk bayi itu aman untuk bayi, jadi kalau ada bayi masuk mobil itu tidak masalah,” ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X