Manfaatkan WFH Sambil Bersihkan Mesin Motor Pakai Perlengkapan Rumahan

Kompas.com - 27/03/2020, 10:42 WIB
Ilustrasi cuci motor afifmotor.files.wordpress.comIlustrasi cuci motor
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Sambil mendukung imbauan pemerintah untuk bekerja di rumah atau work from home ( WFH) guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 alias virus corona, bisa memanfaatkan waktu yang berlimpah di rumah.

Salah satunya adalah merawat sepeda motor andalan yang biasanya setiap hari jadi transportasi utama. 

Mumpung banyak waktu tersedia, bisa melakukan perawatan pada mesin motor yang pada motor zaman now, semakin tak terlihat karena tertutup bodi plastik. 

Baca juga: Ingat Lagi, Dampak dari Malas Cuci Motor di Musim Hujan

Kalau untuk perawatan harian, mungkin mencuci motor, utamanya bagian bodi, sudah cukup. Sekarang, waktunya membersihkan juga mesin motor, supaya lebih awet, bebas kotoran, dan tak lagi diabaikan.

Ilustrasi paking mesin blok motor rusak dan oli rembes.Stanly/Otomania Ilustrasi paking mesin blok motor rusak dan oli rembes.

Mesin motor perlu dibersihkan secara berkala. Pasalnya, kotoran yang menempel pada bagian mesin jika dibiarkan terlampau lama, akan semakin sulit dihilangkan. Selain itu, jantung pacu yang kotor bisa berpengaruh terhadap performanya.

Baca juga: Langkah Mencuci Kendaraan yang Terkena Abu Vulkanik

Kepala Mekanik AHASS Cahaya Sakti Motor, Sragen Jawa Tengah (Jaten) Joko Purnomo mengatakan, jika mesin dalam kondisi bersih maka panas mesin bisa lebih cepat dilepaskan begitu pula sebaliknya

“Kalau pembuangan panas lebih cepat otomatis kerja mesin juga akan lebih ringan, tapi kalau kotor ya lebih lama dan akan berpengaruh pada performanya juga,” kata Joko kepada Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Selain kotoran dari lumpur atau sisa hujan, mesin biasanya juga terdapat ceceran oli dari bagian yang rembes. Jika sudah menumpuk, akan sulit untuk dibersihkan hanya dengan sekali cuci saja.

Joko mempunyai tips untuk membersihkan bagian mesin yang sudah terlanjur kotor. Caranya cukup mudah dan bahannya juga murah serta mudah didapatkannya.

“Untuk membersihkan mesin motor yang kotor bisa menggunakan cuka, pasta gigi atau odol, dan juga sabun cair,” ucapnya.

Siswa SMPIT Nurul Islam menggelar aksi cuci motor guru dalam peringatan Hari GuruKOMPAS.com/IST Siswa SMPIT Nurul Islam menggelar aksi cuci motor guru dalam peringatan Hari Guru

Perlengkapan rumahan ini cocok dengan kondisi WFH dan social distancing yang tengah digalakkan pemerintah. Tanpa perlu beli ke toko, bisa memanfaatkan barang-barang rumahan yang sudah tersedia.

Kemudian diperlukan juga kuas atau sikat gigi untuk menyapukan bahan tersebut ke bagian mesin yang kotor.

Pertama adalah dengan membasahi bagian mesin yang kotor. Setelah itu, bahan-bahan yang sudah disiapkan dicampur menjadi satu dalam wadah.

Baca juga: 4 Penyebab Keausan Ban Mobil Tidak Merata

“Barulah bisa memulai dengan menyapukan bahan-bahan tersebut ke bagian mesin yang koto. Setelah dirasa semua bagian terjangkau, barulah dilakukan pembilasan menggunakan air bersih,” ujarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X