Langkah Mencuci Kendaraan yang Terkena Abu Vulkanik

Kompas.com - 27/12/2018, 14:03 WIB
Ilustrasi kaca mobil kotor www.angieslist.comIlustrasi kaca mobil kotor

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan abu sudah menyelimuti beberapa daerah di Provinsi Banten. Ini terjadi akibat aktivitas vulkanik dari Gunung Anak Krakatau yang aktif beberapa waktu terakhir.

Hujan abu ini juga menempel di permukaan kendaraan. Christopher Sebastian, CEO Makko Group (pemegang beberapa merek perawatan kendaraan), angkat bicara terkait langkah pertama untuk membersihkan lapisan abu ini.

“Langkah pertama adalah segera mencuci kendaraan dengan air. Ini karena abu vulkanik terbentuk dari material batu kecil, mineral dan debu vulkanik. Ini berbahaya bagi permukaan mobil, mesin maupun kaca,” ucap Christopher saat dihubungi Kamis (27/12/2018).

Perhatian diberikan pada air yang digunakan. Christopher menyarankan untuk menggunakan tekanan air yang cukup kencang agar debu vulkanik luruh dan terlepas dari permukaan kaca.

Baca juga: Makin Gila, Polisi Abu Dhabi Pakai Lykan Hypersport!

Semprotkan air di seluruh permukaan mulai dari bagian atas kendaraan sampai ke bagian bawah. Lakukan ini dengan seksama sampai debu tidak terlihat lagi menempel di permukaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Lalu kemudian lap dengan kain microfiber yang khusus digunakan untuk bodi kendaraan. Tidak harus baru, asal bersih. Kemudian lakukan gerakan satu arah, jangan memutar,” ucap Christopher.

Chris mengungkapkan, gerakan memutar yang selama ini banyak digunakan pemilik kendaraan untuk membersihkan kendaraan tidak terlalu tepat dilakukan saat hujan abu. Ini dapat menimbulkan goresan berbentuk lingkaran atau swirl mark yang cukup terlihat.

Pastikan membersihkan kendaraan di area tertutup agar debu vulkanik tidak kembali menempel. Selain itu bila terpaksa menggunakan kendaraan segera membilas kendaraan dan tidak disarankan parkir di luar ruangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.