Virus Corona Bikin Homologasi MotoGP Pakai Virtual

Kompas.com - 26/03/2020, 18:22 WIB
Aprilia MotoGP Aprilia MotoGPAprilia MotoGP
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Virus covid-19 atau corona tidak hanya membuat jadwal MotoGP 2020 terganggu tapi juga dari sisi homologasi. Padahal homologasi sangat menentukan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan tim.

Homologasi soal mesin dan aero fairing MotoGP 2020 awalnya akan dilakukan pada balapan pertama di Qatar. Tapi kemudian karena balapan terus tertunda akhirnya homologasinya pun ikut tertunda.

Pemunduran jadwal ini dikhawatirkan membuat beberapa tim diuntungkan karena bisa terus meriset mesin dan sisi aerodinamika. Sebab jeda waktunya pun terbilang panjang yakni dari Maret hingga Mei.

Baca juga: Bukan Balapan yang Bikin Rossi Kangen Saat Pensiun MotoGP

Melihat hal itu, MotoGP pun akhirnya memutuskan menyudahi pengembangan motor dengan cara virtual. Proses homologasi diubah, bukan dengan cara memberikan sampel tapi cukup gambar yang dikirimkan secara online.

Aerobody Aerobody

“FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna sepakat untuk alasan keadilan dan kesetaraan, maka homologasi harus dilakukan dari jarak jauh dan digital sesegera mungkin. Dalam kondisi normal, pabrikan wajib mengirimkan sampel sparepart mesin, tapi kali ini mereka hanya mengirim gambar saja,” tulis pernyataan resmi Dorna dikutip Crash, Kamis (26/3/2020).

Sementara itu, untuk bagian yang tidak termasuk wajib homologasi, Dorna membebaskannya kepada seluruh tim. Adapun pengembangan bagian mesin yang tidak masuk aturan homologasi bisa tetap dilakukan, seperti aturan biasanya.

Baca juga: Ducati Pesimistis MotoGP 2020 Bisa Digelar Musim Penuh

Semua tim bisa mengirimkan sampel mesin dan aerodinamika secara online kecuali Honda karena sudah memberikan sampel mesin di Qatar.

"Sisanya tidak dapat melakukannya tahun ini karena keadaan yang semakin mereda, dan sebagai gantinya telah mengirimkan mesin sampel mereka ke organisasi, yang harus cocok dengan yang ada di dalam mesin pada acara 2020," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X