India Lockdown, Tata Motors Mengaku Stok Masih Aman

Kompas.com - 26/03/2020, 13:42 WIB
TMDI meluncurkan Xenon HD dan Super Ace HT DLS, serta mini bus LPT 407. Stanley R/KompasOtomotifTMDI meluncurkan Xenon HD dan Super Ace HT DLS, serta mini bus LPT 407.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak pandemi virus corona ( Covid-19) yang makin meluas, pemerintah India kini resmi menerapkan karantian wilayah alias lockdown. Kondisi ini tentu akan membuat sejumlah aktivitas terhambat, termasuk di sektor otomotif.

Seperti diketahui, sampai saat ini masih ada pabrikan yang mendatangkan kendaraan dari India, salah satunya agen pemegang merek (APM) yang fokus bermain di segmen kendaraan komersil, yakni Tata Motors.

Lalu apakah kebijakan lockdown di India mempengaruhi suplai unit Tata di Indonesia ?

Baca juga: India Lockdown, Suzuki Klaim Stok Ignis, Baleno dan SX-4 Aman

Menjawab hal ini Kiki Fajar, Corporate Communication Head PT Tata Motors Distribution Indonesia (TMDI), mengatkan untuk stok unit saat ini masih aman.

"Untuk lockdown di India baru sekali diterapkan, tapi untuk stok di Indonesia sendiri tidak akan terganggu masih aman sampai tiga bulan ke depan," kata Kiki saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/3/2020).

Truk Tata LPT913 jadi salah satu model terlaris Tata Motors di tahun fiskal 2018-2019TMDI Truk Tata LPT913 jadi salah satu model terlaris Tata Motors di tahun fiskal 2018-2019

Kiki menjelaskan adanya wabah corona tak hanya berimbas pada sektor otomotif saja, namun juga membuat beragam sektor saat ini mengalami perlambatan.

Karena itu, lonjakan permintaan juga sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi. Sehingga bisa dipastikan ketersediaan stok untuk yang ada saat ini masih tercukupi.

Baca juga: India Lockdown, Stok Mahindra di Indonesia Diklaim Aman

Tata Prima LX 2528.K meluncur di GIIAS 2017.Istimewa Tata Prima LX 2528.K meluncur di GIIAS 2017.

"Meski demikian kami tetap pelajari apa-apa yang bisa kita lakukan agar tetap produktif dan efisein di situasi saat ini," ucap Kiki.

"Untuk layanan kami juga sudah melakukan home service, tapi di sektor niaga kami lebih ke pool truck dan pangkalan kendaraan konsumen, bila konsumen ke diler tetap ada protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah," kata dia.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X