Harga Murah, Amankah Membeli Ban Bekas?

Kompas.com - 26/03/2020, 16:41 WIB
Beragam ukuran dan merek ban bekas Aditya Maulana, KompasOtomotifBeragam ukuran dan merek ban bekas

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pemilik kendaraan biasanya memiliki pertimbangan ketika memilih ban untuk kendaraan kesayangan, terutama dari segi harga.

Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya memilih untuk membeli ban bekas, karena membeli ban baru dianggap terlalu mahal.

Penjual ban bekas pun tidak sulit ditemukan, malah banyak yang menjualnya via online. Namun, apakah sebenarnya membeli ban bekas tersebut aman?

Harus dicatat, bahwa ban merupakan elemen penting dari sebuah kendaraan. Ibarat kaki manusia, jika rusak pasti tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Walaupun mobil sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan, bila kondisi ban mobil buruk, tetap akan berpotensi menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Baca juga: Waspada Penyebab Ban Mobil Benjol

Kepala Bengkel Warna Warni ban, Wilman Ramo, mengatakan, sebaiknya pemilik mobil membeli ban baru, karena saat membeli ban bekas kita tidak pernah tahu bagaimana riwayat ban tersebut.

Ban bekas berkualitas dengan harga miringAditya Maulana, KompasOtomotif Ban bekas berkualitas dengan harga miring

Baca juga: Jangan Salah Pilih Kembangan Saat Ganti Ban Mobil

“Untuk orang awam, pasti akan sulit menentukan kondisi dri ban bekas, terutama jika tidak mengembang. Pasti akan sulit melihat kondisi ban apakan masih bagus atau tidak,” ujar Wilman ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (25/03/2020).

Wilman mengatakan, ketika membeli ban sebaiknya dilihat dari tahunnya. Ban yang digunakan pada kendaraan tidak boleh lebih dari 10 tahun, meskipun tapak ban masih terlihat bagus.

Untuk mengecek usia ban, bisa dilihat lewat kode DOT di dinding samping ban pada empat digit terakhir, di mana dua angka pertama adalah minggu keberapa mobil itu diproduksi, sedangkan sisa dua angka selanjutnya merupakan tahun.

“Contohnya 0219, 02 itu menunjukan minggu ke dua, sedangkan 19 itu tahunnya yaitu 2019,” ujar Wilman.

Mengingat peranya yang sangat vital bagi kendaraan, Wilman menyarankan sebaiknya membeli ban yang baru. Tentu saja hal ini juga sebagai pertimbangan faktor keselematan bagi si pengemudi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X