Jangan Salah, Tak Semua Mobil Punya Jenis Aki Sama

Kompas.com - 24/03/2020, 08:12 WIB
Aki atau akumulator adalah bagian paling penting pada kelistrikan kendaraan. Febri Ardani/KompasOtomotifAki atau akumulator adalah bagian paling penting pada kelistrikan kendaraan.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi pada dunia otomotif, turut menyasar pada hadirnya tipe aki baru. Selama ini ada beberapa jenis aki yang beredar di pasaran.

Mulai aki basah atau konvensional, aki hybrid, maintenance free ( MF) dan juga aki kering. Dalam penggunaannya, setiap mobil mempunyai spesifikasi yang tentunya berbeda.

Sehingga, belum tentu akumulator dari satu mobil akan cocok untuk dipasangkan pada mobil yang lainnya.

Selain perbedaan tipe, hal ini juga disebabkan karena adanya ketidaksamaan spesifikasi aki yang digunakan.

Baca juga: Jangan Asal Ganti Aki Mobil, Ketahui Efek Buruknya

Di samping itu, pada jenis mobil tertentu yang sudah menggunakan teknologi terbaru seperti mesin yang bisa mati sendiri atau idling stop juga menggunakan aki khusus.

Baterai untuk mobil dengan teknologi tersebut didesain dengan spesifikasi khusus yang sesuai dengan fiturnya.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna menjelaskan, mobil yang sudah mengusung fitur idling stop engine atau mesin yang mati sendiri saat idle menggunakan jenis aki yang berbeda.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Baca juga: Mitos atau Fakta, Aki MF Lebih Awet dari Tipe Basah?

“Tentunya spek dan material yang digunakan juga berbeda, aki tersebut punya spek tersendiri walaupun bentuk baterainya sama,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Biasanya, Suparna menambahkan, fitur tersebut membutuhkan baterai dengan kekuatan arus listriknya atau ampere yang lebih besar.

“Kalau tidak fiturnya juga tidak akan berfungsi, jadi kekuatan arus listriknya juga menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini karena beban aki yang lebih berat terutama saat star,” ucapnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X