Membandingkan Spek Teknis MG ZS dan Pesaing di Segmen Low SUV

Kompas.com - 24/03/2020, 07:32 WIB
Ilustrasi MG ZS KOMPAS.com/DioIlustrasi MG ZS
|

JAKARTA, KOMPAS.comMG ZS yang bakal diluncurkan secara virtual pada Selasa (24/3/2020), bakal mengisi segmen Low SUV yang telah diisi beragam merek. Meski demikian, mobil ini sebetulnya punya modal kuat untuk menjegal para pesaingnya.

Pertama dari sisi harga, yang menurut bocoran yang beredar akan dibanderol Rp 255 juta (tipe Excite), dan Rp 289,9 juta (tipe Ignite).

“Harganya berkisar Rp 250 jutaan sampai Rp 290 jutaan, masih tentatif apalagi saat ini nilai tukar rupiah dan dolar AS sedang tidak stabil,” kata salah satu tenaga penjual diler MG Motor di Jakarta, kepada Kompas.com belum lama ini.

Harga ini tentu saja setara dengan Low SUV kebanyakan, bahkan menurut catatan kami, harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan Honda HR-V ataupun Suzuki SX-4 S-Cross.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Dapat Dispensasi Perpanjangan SIM

Sementara itu jika dibandingkan dengan Toyota Rush, bisa dibilang berada di rentang harga yang sama.

Modal berikutnya dari sisi mesin, yang menurut bocoran gambar yang beredar bakal menggunakan unit 1.498 cc DOHC VTI-Tech bertenaga 114 ps dan torsi 150 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

Di atas kertas, mesin ini bukan yang paling bertenaga. Sebab HR-V punya racikan mesin yang lebih bertenaga, 1.497 cc SOHC VTEC bertenaga 120 ps dan torsi 145 Nm.

Baca juga: Beli BBM Pertamina Tak Perlu Keluar Rumah, Ini Cara dan Daftar Kotanya

Ilustrasi perbandingan ukuran Suzuki SX-4 S-Cross dengan Honda HR-VKOMPAS.com/Dio Ilustrasi perbandingan ukuran Suzuki SX-4 S-Cross dengan Honda HR-V

Namun, mesin MG ZS memiliki tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan SX-4 S-Cross, maupun Toyota Rush sekalipun.

Sedangkan dari sisi dimensi, MG ZS memiliki ukuran (PxLxT) 4.314 mm x 1.809 mm x 1.624 mm, dengan wheelbase 2.585 mm.

Dengan ukuran ini, jelas menggambarkan bahwa MG ZS lebih besar dari HR-V dan SX-4 S-Cross. SUV baru ini hanya kalah dari dimensi Rush yang berselisih 114 mm.

Baca juga: Pelek Buatan Karawang Punya Kualitas Internasional

Toyota Rush laris manis di pasar domestik maupu mancanegaraTAM Toyota Rush laris manis di pasar domestik maupu mancanegara

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X