Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Honda CT110 Hunter Cub, Motor Pak Pos

Kompas.com - 23/03/2020, 16:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Honda Jepang resmi meluncurkan Honda CT125 Hunter Cub. Motor ini merupakan reinkarnasi dari bebek off road Honda zaman dulu yang juga pernah eksis yaitu Honda CT110.

Honda CT110 pertama kali meluncur pada 1981. Di Jepang motor ini hanya berumur singkat selama dua tahun, tapi kemudian justru panjang umur di beberapa negara lain seperti Australia dan Selandia baru.

Baca juga: Honda CT125 Hunter Cub Meluncur, Ini harganya

Di Australia dan Selandia Baru motor ini dikenal sebagai "Postie Bike" karena dipakai Australia Post dan New Zealand Post.

Selain sebagai motor ''pak pos'' Honda juga menjual versi lain yakni CT110 AG yang menyasar pemiliki kebun dan pertanian.

Honda CT110 Hunter Cub Foto: Bring a Trailer Honda CT110 Hunter Cub

Honda CT110 Hunter Cub sendiri merupakan pengembangan dari model yang sudah ada. Sedangkan nama CT dan Hunter Cub pun sudah dipakai jauh sebelum motor ini eksis.

Honda CT pertama kali meluncur pada medio 60'an. Model yang pertama kali hadir yakni C100T, motor yang dikembangkan pada 1961 untuk pasar Amerika Serikat.

Dua tahun kemudian, Honda meluncurkan C105H bermodal mesin 54cc yang juga dirilis di Jepang sebagai Hunter Cub C105H. Dari sinilah nama Hunter Cub kemudian muncul dan dipakai sampai sekarang.

Baca juga: Dibilang Tiru Super Cub C125, Ini Kata SM Sport

Honda CT110 Hunter Cub Foto: Honda Honda CT110 Hunter Cub

Meski konsepnya motor bebek tapi penamaan Hunter Cub ada dasarnya. Honda CT110 tangguh di berbagai medan jalan bahkan untuk off road ringan membelah jalan tanah dan berpasir.

Pembekalannya terlihat dari aplikasi ban dual purpose, kemudian suspensi depan lebih kekar dengan tambahan penutup karet serta sepatbor model ''motor laki.''

Kemampuan jelajahnya diperkuat dengan rangka tambahan di bagian tengah sampai ke bawah yang juga berfungsi sebagai tempat engine guard.

Detail lainnya yaitu setang tinggi, knalpot menjulang ala scrambler, jok tipe tunggal dan tambahan rak di bagian belakang.

 

Spesifikasi Honda CT110 Hunter Cub

Model: CT110 / CT110X

Engine and transmission

Displacement: 105.01 ccm (6.39 cubic inches)

Engine type: Single cylinder, four-stroke

Power: 7.5 HP @ 7500 RPM

Compression: 8.5:1

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com