Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebijakan Kerja dari Rumah, Diler Motor Sesuaikan Jam Operasional

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah dan Pemprov DKI Jakarta telah menyerukan sejumlah instansi baik negeri maupun swasta untuk memberikan opsi bekerja di rumah. Aturan ini berlaku selama masa tanggap darurat virus corona yang berlaku dari 23 Mei sampai 5 April 2020.

Meski begitu, sejumlah diler motor ternyata tetap buka untuk melayani pelanggan. Namun dengan waktu kerja yang lebih singkat.

Rendy Arrie, Kepala Cabang Yamaha Permata Motor di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan, pihak mengikuti imbauan Yamaha dan pemerintah untuk menyesuaikan jam operasional.

“Masing-masing diler punya kebijakan, tapi dari Yamaha memang sudah kasih imbauan,” ujar Rendy kepada Kompas.com (22/3/2020).

“Mulai Senin (23/3/2020) sampai 31 Maret 2020 kami jam buka 08.30 WIB, tutup jam 16.00 WIB. Kalau kondisi memang sepi, bisa jam 14.00 WIB atau 15.00 WIB sudah tutup,” katanya.

Tak hanya diler Yamaha yang memberlakukan jam kerja lebih singkat, diler Honda juga demikian. Bahkan jumlah karyawan yang harus bekerja pun dikurangi untuk meminimalisir dampak virus corona.

“Jam buka kami perpendek, yang awalnya dari jam 07:00 WIB sampai 17:00 WIB, menjadi jam 08:00-16:00 WIB,” ucap Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, kepada Kompas.com (23/3/2020).

“Selain itu man power juga kami kurangi, semisal normalnya di diler itu ada 4 mekanik, saat ini cukup 2 mekanik saja,” ujar Asep.

Walaupun beberapa diler motor memberlakukan jam kerja yang lebih singkat, lain halnya dengan diler Suzuki yang masih buka normal.

Service Department Head 2W, 4W, and Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha, mengatakan, jam operasional diler motor Suzuki masih seperti biasa yakni jam 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

“Jam operasional masih normal, tapi kami imbau ke semua diler, nomor satu setiap tamu yang datang harus minta izin untuk ukur suhu tubuh dan pakai hand sanitizer, sesuai arahan pemerintah,” kata Riecky kepada Kompas.com (22/3/2020).

“Kami saat ini juga terus fokus ke layanan home service, konsumen bisa hubungi diler atau ke Halo Suzuki nanti dari sana diarahkan,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/23/150200415/kebijakan-kerja-dari-rumah-diler-motor-sesuaikan-jam-operasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke