Perhitungan Jadwal Pebalap MotoGP Uji Coba Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 20/03/2020, 11:22 WIB
Ilustrasi layout sirkuit Mandalika di Lombok untuk tuan rumah MotoGP 2021. motogp.comIlustrasi layout sirkuit Mandalika di Lombok untuk tuan rumah MotoGP 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan sirkuit Mandalika, Lombok, disebutkan sejauh ini tidak terpengaruh dengan menyebarnya virus Corona alias masih berjalan sesuai jadwal.

Sirkuit Mandalika yang sudah masuk ke dalam kalender MotoGP 2021 tentu harus diuji coba dulu oleh para pebalap sebelum benar-benar menjadi tuan rumah.

Baca juga: Kualitas Pengerjaan Sirkuit Jalanan Mandalika buat MotoGP 2021

Ketua Steering Committee MGPA Happy Harinto, mengatakan, uji coba sirkuit tahun ini dipastikan tidak ada. Sebab, kemungkinan besar jika sesuai rencana sirkuit ini baru jadi antara akhir November hingga Desember.

Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini dikerjakan oleh Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit. Dok Istimewa Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini dikerjakan oleh Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit.

"Jadi, uji coba ada kemungkinan dilakukan pada Februari akhir. Jika memang wabah virus Corona sudah mereda, seperti yang kita semua juga harapkan. Jika semua kondisi normal, bisa jadi akan dilakukan di antara Februari akhir sampai dengan awal Maret," ujar Happy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Happy menambahkan, secara logika, jika uji coba dilakukan di antara Februari akhir hingga awal Maret, Indonesia tetap masuk di kalender MotoGP 2021.

Baca juga: Jadwal Penjualan Tiket Resmi MotoGP Mandalika 2021

"Di 2020 jadwalnya terganggu, lalu diubah dan dibuat seketat mungkin dengan optimisme wabah ini akan segera berakhir. Jadi, kita berdoa saja wabah ini akan berakhir dan tidak mengganggu jadwal tahun depan," kata Happy.

Tentunya tak hanya pebalap di kelas MotoGP saja yang akan melakukan uji coba di sirkuit ini. Tapi, pebalap di kelas Moto2 dan Moto3 juga akan ikut ambil bagian.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X