Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Lebih Utamakan Kesehatan Ketimbang Balap MotoGP

Kompas.com - 20/03/2020, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

JAKARTA, KOMPAS.com - Jadwal MotoGP atau kalender MotoGP terpaksa diundur akibat virus Corona. Ada beberapa skenario yang bisa ditawarkan agar MotoGP musim ini bisa tetap berjalan.

Presiden FIM Jorge Viegas, menyebutkan, MotoGP bisa saja digelar sampai awal 2021. Sedangkan CEO Dorna Carmelo Ezpelata, mengatakan, bisa saja menggelar balapan tanpa adanya penonton.

Baca juga: Komentar Pedas Bos Tim Satelit Yamaha Soal Seri Pertama MotoGP 2020

Beberapa tim ada yang setuju dengan perubahan jadwal. Tapi, sebagian lagi merasa tak masalah jika harus balapan tanpa adanya penonton di sirkuit.

Alex RIns Foto: Instagram/ Alex Rins Alex RIns

Davide Brivio, manajer tim Suzuki, termasuk salah satu orang yang mendukung penuh jika MotoGP diundur hingga waktu yang benar-benar aman.

"Ini adalah situasi yang sulit, tapi kita semua tahu bahwa kesehatan orang-orang dan keamanan adalah prioritas utama. Dunia olahraga tidak pernah semenderita seperti sekarang ini," ujar Brivio, dikutip dari Speedweek.com.

Brivio pernah mengalami masalah serupa, yakni penundaan balap karena krisis ekonomi di tahun 2018 dan penundaan di Silverstone, Inggris, akibat cuaca buruk.

"Ini adalah situasi yang baru. Sekarang, virus ini mempengaruhi seluruh dunia. Belum ada orang yang pernah mengalaminya," kata Brivio.

Baca juga: Ancaman Virus Corona Berpengaruh Terhadap Psikologis Pebalap MotoGP

Tim balap Suzuki Ecstar MotoGP 2020.Suzuki MotoGP Tim balap Suzuki Ecstar MotoGP 2020.

Brivio menambahkan, mustahil untuk menyusun rencana, karena besok segala hal bisa berubah lagi. Hal yang terbaik bisa dilakukan adalah menunggu, prioritaskan kesehatan, dan menjaga keluarga.

Sebagai manajer tim, Brivio tak hanya memikirkan nasib tim atau performa pebalapnya, tapi juga sisi ekonomi timnya. Apalagi, sektor ekonomi juga terpengaruh akibat wabah virus Corona.

"Jika kita bisa menyelesaikan musim ini, dampak pada finansial tidak akan begitu besar. Tapi, jika kita harus membatalkan beberapa seri lagi, penyelenggara dan promotor akan kalah. Begitu pula dengan para tim balap yang didukung oleh para sponsor," ujar Brivio.

Baca juga: Kena Efek Corona, Toyota Pasang Target Tinggi buat Agya Facelift

Namun, Brivio menyebutkan, bahwa dalam situasi seperti ini orang-orang tidak akan benar-benar memikirkan urusan finansial. Sebab, bisnis dan ekonomi menjadi prioritas kedua dalam situasi sekarang.

"Tentu saja kami tidak sabar untuk bisa kembali ke trek dan balapan. Tapi, yang terpenting adalah kita harus keluar dulu dari situasi darurat ini. Balapan terpenting adalah melawan Covid-19. Mari kalahkan virus ini agar kita bisa menikmati hidup lagi dan menikmati MotoGP," kata Brivio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com