Kompas.com - 18/03/2020, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Beat 2020 meluncur menggantikan model sebelumnya yang terakhir mendapat penyegaran pada 2016. Berbeda dengan Beat lawas, pada model baru ini dibenamkan sejumlah pembaruan.

Skutik anyar ini kini memiliki desain dan fitur yang semakin modern. Dalam ubahannya kali ini, Beat dibekali dengan beberapa komponen terbaru, mulai dari mesin, sasis, desain, dan performa.

Honda Beat KOMPAS.com/Gilang Honda Beat

Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma mengatakan, penyegaran pada Beat bukan hal mudah. Pihak AHM bekerja keras memutuskan apa yang perlu dikembangkan dari Beat versi sebelumnya.

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Honda Genio Buat Aktivitas Harian

"Saya berpikir banyak bagaimana kami bisa mengembangkan produk ini. Apa yang harus kami ganti, apa yang harus kami pertahankan, inilah jawaban kami," kata Inuma saat peluncuran Januari lalu.

Beat generasi kelima kini menggendong mesin berkapasitas 109,5 cc, SOHC, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Honda BeatKOMPAS.com/Gilang Honda Beat

Kompresinya juga meningkat menjadi 10:1. Mesin serupa dengan milik Genio ini sengaja dibuat seperti itu untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar serta meningkatkan performa.

Salah satu bentuk pembaruan pada Beat 2020 yaitu pada rangkaian sasis. Rangka mengusung teknologi baru yang disebut Enhandced Smart Arcitecture Frame atau disingkat eSAF serupa milik Genio.

Honda Beat KOMPAS.com/Gilang Honda Beat

Makoto Dohi, Asistant Chief Engineer Department 2, Product Development Division #1 Honda R&D Co Ltd, dalam presentasinya mengatakan, rangka eSAF ini lebih ringan 8 persen dibanding rangka sebelumnya.

"Sasis lebih tahan dari defleksi (pembengkokan) saat dikendarai. Menghadirkan pengendalian yang lebih mudah, gesit, dan juga kompak waktu dikendarai," kata Makoto.

Penggunaan sasis baru berdampak pada desain bagian dalam motor. Kapasitas tangki bensin BeAT 2020 kini meningkat jadi 4,2 liter. Bagasinya pun bisa lebih luas dengan total 12 liter.

Honda Beat KOMPAS.com/Gilang Honda Beat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.