Tiga Modal Wajib yang Bisa Buat Kondisi Jalan di Indonesia Tertib

Kompas.com - 18/03/2020, 09:02 WIB
Jalan Boulevard Barat Kelapa Gading menjadi macet pasca banjir pada Selasa, (25/2/2020) Audia Natasha PutriJalan Boulevard Barat Kelapa Gading menjadi macet pasca banjir pada Selasa, (25/2/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjadi pengguna jalan raya, apakah pengemudi mobil, pengendara sepeda motor, atau pesepeda sekalipun wajib punya tiga modal utama untuk bekal pribadi. Modal ini dilakukan untuk menjadikan kondisi jalan di Indonesia nyaman dilalui.

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting ( JDDC), mengatakan, tiga modal itu adalah keterampilan, tertib, dan empati.

“Keterampilan pastinya harus punya, tetapi terampil membawa kendaraan saja belum cukup ketika ada di jalanan. Harus diikuti dengan tertib dan empati yang tinggi,” ucap Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Toyota Agya Facelift Naik Kelas dengan Fitur Baru

Kecelakaan beruntun terjadi di kawasan lampu merah Simpang Rimbo, Kota Jambi, Minggu pagi (2/2/2020). Toyota Fortuner menabrak lima sepeda motor dan 1 truk, 1 orang tewas.Aryo Tondang Kecelakaan beruntun terjadi di kawasan lampu merah Simpang Rimbo, Kota Jambi, Minggu pagi (2/2/2020). Toyota Fortuner menabrak lima sepeda motor dan 1 truk, 1 orang tewas.

Kurangnya empati di jalan menjadi penyebab banyak lokasi menjadi macet. Pengguna jalan tidak saling mengalah dan ingin didahulukan. Hal ini menyebabkan jalan menjadi tidak teratur karena tidak tertib juga dengan aturan.

“Banyak yang di persimpangan melanggar lampu lalu lintas. Kondisi tidak tertib ini dikarenakan masih ada pengguna jalan yang menyamakan tertib sebagai aturan, bukan kebutuhan. Mereka akan tertib hanya kalau ada polisi,” ucap Jusri.

Ketiga hal ini harus dimiliki oleh semua pengguna jalan. Dengan pengendara yang terampil, tertib, dan memiliki empati, kondisi jalan bisa kondusif dan teratur.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X