Virus Corona Mengancam, Formula E 2020 Resmi Ditunda

Kompas.com - 14/03/2020, 07:22 WIB
2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16. 
Sam Bloxham/LAT/Formula E2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap mobil listrik Formula E musim 2019/ 2020 secara resmi ditunda sebagai imbas wabah virus corona (Covid-19).

Melalui keterangan resmi, Founder & Chairman Formula E, Alejandro Agag, menyatakan bahwa penundaan yang bersifat tentantif ini setidaknya berlangsung selama dua bulan ke depan.

Adapun keputusan tersebut, telah dikoordinasikan dengan otoritas setempat dan pihak Federasi Otomotif Internasional ( FIA), sesuai dengan arahan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebut Covid-19 sebagai pandemik.

Baca juga: Resmi, Formula 1 GP Australia Dibatalkan

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

"Langkah ini diambil sebagai aksi paling bertanggung jawab karena terus terjadinya penyebaran virus corona. WHO juga menyatakan virus itu sebagai pandemik," kata Alejandro, Jumat (13/3/2020).

Tentu, keputusan itu berdampak pada penundaan balapan yang sedianya dijadwalkan Maret dan April. Oleh karenanya, ajang Formula E di Paris, Perancis (18 April) dan Seoul, Korea Selatan (3 Mei) mendapat bendera merah untuk bisa digelar sesuai jadwal.

Sebelumnya, e-prix di Roma, Italia (4 April) serta Sanya, China (21 Maret) telah diputuskan ditunda. Tak terkecuali Jakarta, Indonesia (6 Juni) akibat ancaman sama yakni virus corona.

Sementara balap padaJuni dan Juli mendapat bendera kuning, yang berarti masih ada kesempatan untuk dilaksanakan sesuai jadwal, bila situasi membaik dan stabil.

Baca juga: Pernyataan Anies soal Penundaan Formula E Jakarta

Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

"Saat ini adalah waktu untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab dan ini lah kenapa kami memutuskan untuk menunda sementara musim ini, dilanjutkan dengan membekukan sejumlah balapan yang dijadwalkan pada dua bulan ke depan," kata Alejandro.

"Motorsport memegang peran penting di kehidupan kita dan itu penting, tapi lebih penting lagi adalah kesehatan dan keselamatan staf, penggemar, keluarga, serta warga yang berada di kota-kota tempat terselenggaranya Formula E," lanjut dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

BREAKING: Formula E and FIA take decision to temporarily suspend season. Tap the link in our bio for the full statement.

A post shared by ABB Formula E (@fiaformulae) on Mar 13, 2020 at 1:01am PDT

Alejandro juga menyatakan bahwa pihaknya bersama FIA akan terus memantau perkembangan virus corona di seluruh kota terkait untuk kemudian dievaluasi. Sehingga penjadwalan ulang dapat dilaksanakan secara tepat.

"Ajang Formula E akan kembali dengan kekuatan penuh, begitu krisis kesehatan yang sedang berlangsung dengan sangat cepat ini sudah mereda," katanya lagi.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Formula E
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X