Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Virus Corona Mengancam, Formula E 2020 Resmi Ditunda

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap mobil listrik Formula E musim 2019/2020 secara resmi ditunda sebagai imbas wabah virus corona (Covid-19).

Melalui keterangan resmi, Founder & Chairman Formula E, Alejandro Agag, menyatakan bahwa penundaan yang bersifat tentantif ini setidaknya berlangsung selama dua bulan ke depan.

Adapun keputusan tersebut, telah dikoordinasikan dengan otoritas setempat dan pihak Federasi Otomotif Internasional (FIA), sesuai dengan arahan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebut Covid-19 sebagai pandemik.

"Langkah ini diambil sebagai aksi paling bertanggung jawab karena terus terjadinya penyebaran virus corona. WHO juga menyatakan virus itu sebagai pandemik," kata Alejandro, Jumat (13/3/2020).

Tentu, keputusan itu berdampak pada penundaan balapan yang sedianya dijadwalkan Maret dan April. Oleh karenanya, ajang Formula E di Paris, Perancis (18 April) dan Seoul, Korea Selatan (3 Mei) mendapat bendera merah untuk bisa digelar sesuai jadwal.

Sementara balap padaJuni dan Juli mendapat bendera kuning, yang berarti masih ada kesempatan untuk dilaksanakan sesuai jadwal, bila situasi membaik dan stabil.

"Saat ini adalah waktu untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab dan ini lah kenapa kami memutuskan untuk menunda sementara musim ini, dilanjutkan dengan membekukan sejumlah balapan yang dijadwalkan pada dua bulan ke depan," kata Alejandro.

"Motorsport memegang peran penting di kehidupan kita dan itu penting, tapi lebih penting lagi adalah kesehatan dan keselamatan staf, penggemar, keluarga, serta warga yang berada di kota-kota tempat terselenggaranya Formula E," lanjut dia.

"Ajang Formula E akan kembali dengan kekuatan penuh, begitu krisis kesehatan yang sedang berlangsung dengan sangat cepat ini sudah mereda," katanya lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/14/072200215/virus-corona-mengancam-formula-e-2020-resmi-ditunda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke