Alasan Fitur Perintah Suara DFSK GLory i-Auto Pakai Bahasa Inggris

Kompas.com - 12/03/2020, 17:21 WIB
DFSK Glory i-Auto KOMPAS.com/GilangDFSK Glory i-Auto
|

JAKARTA, KOMPAS.com - DFSK Glory i-Auto akan meluncur pada April 2020. Dibekali teknologi perintah suara atau voice command, SUV ini akan menyaingi merek sesama China Wuling Almaz yang juga punya fitur serupa.

Bedanya ialah pada bahasa. Perintah suara pada Wuling memakai bahasa Indonesia agar lebih dekat dengan konsumen. Sedangkan i-Talk yang tersedia di Glory i-Auto menggunakan bahasa Inggris.

Sugiartono, Technical & Service Manager PT Sokonindo Automobile, mengatakan, pihaknya sengaja tetap menggunakan perintah suara berbahasa Inggris sebab mempertimbangkan pasar yang dituju.

Baca juga: Sosok DFSK Glory i-Auto yang Mau Meluncur April 2020

"Kenapa masih bahasa Inggris, karena kita juga mempertimbangkan pasar luar, karena kita tidak hanya untuk pasar domestik yang sekarang ini dimasuki oleh DFSK, sebab market ekspor juga dimasuki," katanya di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

DFSK Glory i-AutoKOMPAS.com/Gilang DFSK Glory i-Auto

Sugiartono mengatakan, total ada 54 jenis perintah yang bisa dilakukan oleh i-Talk. Menyangkut semua jenis body electrical seperti lampu, power window, sunroof, GPS, AC dan lainnya.

Dari 54 jenis perintah itu, lanjutnya, merupakan hasil seleksi yang dirasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Ada beberapa jenis perintah yang sengaja tidak dipakai karena alasan keselamatan.

Baca juga: Pakai Transmisi Baru, DFSK Glory i-Auto Katanya Lebih Responsif

"Sebagai contoh power back door ada opsi untuk bisa diaktifkan pakai perintah suara, tapi akhirnya tidak karena miss safety, misalkan lagi jalan kemudian bisa bilang 'Glory open back door' kan tidak mungkin," katanya.

"Dia (i-Talk) bisa respon tapi tidak bisa buka. Jadi sudah sangat disesuaikan dengan safety regional domestik dan international. Sebab sebtulnya yang terpenting adalah aturan keselamatan, karena itu berada di puncak," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X