Bebas Panik, Fitur Ini Bisa Membantu Ketahui Sisa Kapasitas Bensin

Kompas.com - 12/03/2020, 16:01 WIB
Indikator bensin hmsmotoblog.wordpress.comIndikator bensin

JAKARTA, KOMPAS.com - Bensin atau solar menjadi bahan bakar utama setiap kendaraan, tidak terkecuali mobil.

Dalam kondisi tertentu di perjalanan mungkin pernah lupa mengisi bahan bakar, yang berujung pada nyalanya indikator bahan bakar. Ini bisa menimbulkan kepanikan bagi si pengemudi.

Meskipun indikator bensin menyala, nyatanya tetap ada sisa bensin di tangki bahan bakar yang masih bisa digunakan.

Bahkan, saat ini sudah ada beberapa mobil yang sudah memiliki fitur range di layar multi information display (MID) di spidomenter.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, saat ini pada beberapa tipe mobil sudah memiliki fitur range yang bisa memberi informasi tentang kapasitas bahan bakar.

Baca juga: Beda dengan Bensin, Mobil Diesel Jangan Dipaksa saat Indikator Solar E

“Ada fitur range di MID spidometer, fungsi nya untuk memberi informasi kepada pengemudi kira-kira bensin yang ada di tangki bisa menempuh berapa kilometer lagi,” ujar Didi ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (12/03/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

range pada speedometerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda range pada speedometer

Baca juga: Jangan Panik, Ini Jarak yang Bisa Ditempuh Ketika Indikator Bensin E

Contoh, seperti gambar diatas menunjukan bahwa bensin dapat dipakai untuk menempuh perjalanan sejauh 319 Km

Hal ini hanya perkiraan, pemakaian bahan bakar tergantung dari gaya berkendara si pengemudi, sewaktu-waktu dapat berkurang jarang tempuhnya.

Fitur ini akan aktif apabila mobil dalam kondisi jalan, jika mobil dalam posisi berhenti maka fungsi dari range tersebut tidak akan aktif.

Meskipun sudah memiliki fitur range pada kendaraan, sebaiknya pemilik mobil tidak membiasakan mengisi tanki bensin ketika hampir kosong. Karena akan menyebabkan karat pada tangki dan akan mengganggu kinerja pompa bensin.

Jadi, sebaiknya pengisian bensin dilakukan saat indikator belum berada di posisi E, demi keamanan dan ketenangan saat berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.