Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Silinder Yamaha 125Z Lebih Mahal dari Aerox 155

Kompas.com - 12/03/2020, 08:32 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Sepeda motor dua tak, punya pasarnya sendiri meski model barunya sudah tidak lagi dijual dan diproduksi di Indonesia. Alhasil, salah satu cara, yaitu membeli versi bekas.

Salah satu yang tengah ramai, yaitu Yamaha 125Z. Motor bebek berkubikasi 125 cc dengan mesin dua tak itu sedang banyak dicari para kolektor.

Bahkan mereka tidak segan-segan mengeluarkan uang yang cukup besar demi bisa mendapatkan penerus Yamaha FIZR itu. Tentunya, dengan kondisi masih orisinil dan kilometer rendah.

Motor yang dipasarkan di Indonesia pada 2000 hingga 2003 itu dijual dalam bentuk Completely Built Up/CBU Malaysia.

Baca juga: Alasan Scorpio 2002 Banyak Diburu dan Harganya Paling Mahal

Maka tidak heran jika suku cadang dari 125Z tidak mudah didapatkan di sembarang toko onderdil bahkan di diler resmi.

Salah satunya yang paling sulit didapatkan, yaitu silinder. Untuk silinder asli Malaysia keluaran 2000 atau yang masih menggunakan kode Y1, memiliki harga yang fantastis.

Silinder Yamaha 125z harganya lebih mahal dari AEROX 155istimewa Silinder Yamaha 125z harganya lebih mahal dari AEROX 155

Henry salah satu pehobi motor dua tak asal Muntilan, Magelang, mengatakan untuk harga silinder dengan kondisi baru tapi stok lama atau New Old Stock (NOS) bisa mencapai Rp 25 juta.

“Saya pernah ditawari silinder kode Y1 itu Rp 25 juta, itu yang asli dari Malaysia keluaran tahun 2000-an,” kata Henry kepada Kompas.com, Selasa (10/3/2020).

Harga tersebut bahkan lebih tinggi dari harga motor matik Yamaha Aerox 155 yang berkisar di bawah Rp 24 juta.

Meski begitu, Henry mengatakan, bagi para kolektor yang menginginkan kesempurnaan dan keaslian dari koleksinya, harga tersebut tidak menjadi persoalan. “Ya kalau yang banyak duitnya tetap dibayar harga segitu,” ucapnya.

Menurutnya, sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan pada kode silinder yakni Y1 atau pun Y2.

Baca juga: 3 Alasan Yamaha Scorpio Bekas Masih Diburu dan Punya Harga Tinggi

Tetapi, kepuasan para pehobi maupun kolektor yang menginginkan jika motor yang dimilikinya benar-benar asli termasuk pernak perniknya.

Yamaha 125z milik Henry yang ditawarkan dengan harga Rp 150 jutaistimewa Yamaha 125z milik Henry yang ditawarkan dengan harga Rp 150 juta

“Ya menurut saya sama saja, tidak beda jauh lah yang kode Y1 atau pun yang kode Y2. Tapi ada pula yang beranggapan bahwa kualitasnya tetap lebih bagus Y1,” katanya.

Henry mengatakan, untuk mendapatkan onderdil dari 125Z  tidak mudah. Hal ini salah satunya karena statusnya waktu dijual di Indonesia adalah CBU dan semuanya didatangkan langsung dari Malaysia.

“Tapi kan motor itu hanya bertahan lebih kurang tiga atau empat tahun saja, setelah itu tidak lagi dipasarkan,” ujarnya.

Saat masuk ke Indonesia pada kisaran 2000 harga 125Z memang paling mahal, yakni berkisar Rp 26 juta.

Baca juga: Sebelum Beli, Kenali 4 Penyakit Yamaha Scorpio

Padahal, motor dari pabrikan lainnya seperti Satria R waktu itu hanya belasan juta rupiah. “Ya paling mahal, mungkin itulah mengapa tidak terlalu diminati,” kata Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com