GP Austin Ditunda, Jadwal MotoGP Dirombak Lagi

Kompas.com - 11/03/2020, 09:42 WIB
Sirkuit Austin Sirkuit Austin

AUSTIN, KOMPAS.com - Jadwal MotoGP 2020 kembali harus dirombak setelah pekan lalu direvisi. GP Austin yang sedianya dihelat 5 April 2020 akhirnya ditunda, balapan mundur menjadi 15 November 2020.

GP Austin akan digelar dua pekan setelah GP Malaysia di Sirkuit Sepang. Adapun tanggal 15 November tadinya merupakan jadwal GP Valencia, yang artinya seri penutup juga mundur menjadi 22 November 2020.

Baca juga: Jadwal Baru MotoGP 2020, Mundur sampai Bulan Depan

Dengan batalnya GP Qatar dan mundurnya jadwal GP Thailand dan Amerika Serikat, maka seri perdana MotoGP (Qatar tanpa MotoGP), akan digelar pada seri keempat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, 19 April 2020.

Alasan utama GP Austin ditunda karena pemerintah daerah Austin mengumumkan 'keadaan bencana lokal.' Melarang ada acara apapun yang dihadiri lebih dari 2.500 orang untuk mencegah penularan virus covid-19 atau corona.

Meski belum dilaporkan ada suspek virus corona, pemerintah daerah Austin membatalkan festival South by Southwest. Keputusan ini merupakan langkah awal pencegahan, sebab festival itu menghadirkan banyak penonton.

Sebelum pengumuman ditunda, sempat ada wacana bahwa Dorna Sports putar otak agar seri ketiga GP Amerika tetap bisa digelar pada 5 April 2020, dan mengusulkan agar balapan kembali ke Sirkuit Indianapolis.

Sirkuit ini bukan trek baru buat MotoGP. Sebelum COTA di Austin, MotoGP digelar di Indianapolis. Kali terakhir kali menggelar MotoGP pada 9 Agustus 2015. Kala itu Marc Marquez juara pertama disusul Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Baca juga: MotoGP Austin Terancam Batal, Opsi Baru Pindah ke Indianapolis

MotoGP Indianapolis MotoGP Indianapolis

Pemunduran jadwal GP Austin bisa dilihat sebagai keseriusan Dorna yang sempat mengutarakan tetap ingin menggelar 19 seri pada musim ini. Walaupun dari FIM sendiri paling tidak hanya mewajibkan 13 seri.

"Secara kontrak dengan FIM ada 13 balapan, tetapi tujuan kami adalah melakukan semua 19 balapan yang tersisa. Mungkin kita akan balapan di negara-negara panas saat Natal!" Kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta sebelum Grand Prix Qatar.

"Saya tidak mengatakan saya optimis, tetapi satu-satunya hal yang saya janjikan kepada Anda adalah bahwa kami akan bekerja keras untuk solusi apa pun untuk mewujudkan semua 19 seri yang tersisa," katanya.

Jadwal terbaru MotoGP 2020:

1. 8 Maret: Qatar, Losail International Circuit
2. 19 April: Argentina, Termas de Rio Hondo
3. 3 Mei: Jerez, Spanyol, Circuito de Jerez - Angel Nieto
4. 17 Mei: Perancis, Le Mans
5. 31 Mei: Italia, Mugello
6. 7 Juni: Catalunya, Spanyol, Circuit de Barcelona - Catalunya
7. 21 Juni : Jerman, Sachsenring
8. 28 Juni: Belanda, TT Circuit Assen
9. 12 Juli: Finlandia,KymiRing
10. 9 Agustus: Republik Ceko, Brno
11. 16 Agustus: Austria, Red Bull Ring - Spielberg
12. 30 Agustus: Inggris, Silverstone
13. 13 September: San Marino, Misano
14. 27 September: Aragon, MotorLand Aragon
15. 4 Oktober: Thailand, Chang International Circuit
16. 18 October: Jepang, Motegi
17. 25 October: Australia, Phillip Island
18. 1 November: Malaysia, Sepang
19. 15 November: Amerika, Circuit of the Americas
20. 22 November: Valencia, Spanyol, Comunitat Valenciana - Ricardo Tormo

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X