Banyak Keuntungan, Hino Dukung Penerapan Program B30

Kompas.com - 09/03/2020, 18:41 WIB
Ilustrasi truk lansiran Hino Kompas.com/Setyo AdiIlustrasi truk lansiran Hino
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menyebut penggunaan bahan bakar berjenis B30 memiliki beragam keuntungan. Salah satunya, bisa membuat industri lebih kompetitif dan ramah lingkungan.

Oleh sebab itu, salah satu produsen kendaraan niaga asal Jepang tersebut akan mendukung perjalanan program B30 di Tanah Air, sebagaimana dikatakan Seno Wirdiyawantoro, Division Head Product Planning PT HMSI.

"Dari sisi konsumen, penggunaan B30 lebih kompetitif karena masih dikenakan subsidi. Sehingga, operasional bisnis bisa semakin efisien dan optimal," katanya di Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Baca juga: Solar B30 Jadi Pijakan Menuju Standar Emisi Euro IV

Hino jalin kerja sama peremajaan truk Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Organda DKI.Dok. Hino Hino jalin kerja sama peremajaan truk Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Organda DKI.

Sementara pada sisi pemerintah, lanjut Seno, penggunaan bahan bakar solar campuran itu mampu mengurangi tingkat emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor dan ketergantungannya terhadap bahan bakar fosil.

"B30 itu sendiri akan memperbaiki emisi gas buang kepada kendaraan komersial, sehingga lingkungan bisa lebih baik. Memang, akan ada sedikit penyesuaian di awal," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Larangan Truk ODOL di Tol Jakarta-Bandung Berlaku Tanpa Pengecualian

"Berdasarkan beragam keuntungan itu, kami terus mendukung inisiasi implementasi B30 di Indonesia. Produk Hino juga sudah siap untuk menunjangnya, tidak masalah," kata Seno lagi.

Namun terkait implementasi B100 seperti yang diharapkan Presiden RI Joko Widodo, ia menyebut harus ada studi untuk mempertimbangkan berbagai hal lebih dahulu agar pelaku industri siap.

"Sejatinya itu membutuhkan segala sesuatu seperti kesiapan dari pelaku industri, infrastruktur, kualitas bahan bakar, dan lain sebagainya. Bagi Hino sendiri, kami siap," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.