Catat, Ini Syarat Bengkel Boleh Bikin Motor Custom

Kompas.com - 04/03/2020, 17:40 WIB
Motor kustom di Suryanation Makassar Suryanation MotorlandMotor kustom di Suryanation Makassar

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), sudah ditetapkan setiap kendaraan bermotor yang sudah dimodifikasi perlu dilakukan uji tipe. Tidak sembarang juga bengkel yang boleh melakukan modifikasi atau membuat motor custom.

Caroline Noorida Aryani, Kepala Balai Pengujian Laik jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, mengatakan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Nomor 33 Tahun 2018, bahwa terkait modifikasi kendaraan bermotor termasuk dalam penelitian rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor.

Baca juga: Motor Custom Tak Melakukan Uji Tipe Bakal Didenda Rp 24 Juta

"Batasan modifikasi kendaraan bermotor adalah perubahan terhadap spesifikasi teknis, dimensi, mesin, dan atau kemampuan daya angkut kendaraan bermotor," ujar Caroline, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Pesona motor custom Jokowi di IIMS Motobike Expo 2019Kompas.com/Donny Pesona motor custom Jokowi di IIMS Motobike Expo 2019
Caroline menambahkan, modifikasi kendaraan bermotor harus mendapat izin dari Agen Pemegang Merek (APM) dan wajib dilakukan oleh bengkel umum kendaraan bermotor yang ditunjuk oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang industri.

"Terkait tata cara permohonan modifikasi kendaraan bermotor untuk mendapat pengesahan uji tipe, diatur lebih lanjut dengan peraturan menteri tersendiri," kata Caroline.

Namun, Caroline mengatakan, sampai saat ini peraturan menteri tersebut belum ada.

Baca juga: Tanggapan Para Pembuat Motor Custom soal Kewajiban Uji Tipe

Jadi, menurut peraturan yang dibuat pemerintah, tidak semua bengkel boleh membuat atau membangun motor custom. Harus dilakukan oleh bengkel yang ditunjuk oleh Kementerian Perindustrian ( Kemenperin).

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X