Motor Custom Tak Melakukan Uji Tipe Bakal Didenda Rp 24 Juta

Kompas.com - 04/03/2020, 06:51 WIB
Ratusan motor custom peserta Kustomfest 2019. Kompas.com/DonnyRatusan motor custom peserta Kustomfest 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit konsumen roda dua yang menginginkan sepeda motornya diubah sesuai dengan karakter dan selera. Modifikasi atau custom pada motor sekarang ini sudah sangat berkembang dan pelakunya sangat banyak.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 49 sampai Pasal 52, dijelaskan bahwa, pemilik kendaraan bermotor yang melakukan ubahan bentuk maupun spesifikasi (modifikasi) wajib melakukan melaporkan ke Kepolisian dan Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Bangun Motor Custom dengan Basis Moge, Mengapa Lebih Mahal?

"Modifikasi (kendaraan bermotor) boleh tetapi harus memenuhi batas wajar tertentu kemudian dilaporkan. Jika tidak, sebagaimana aturan yang berlaku, pemilik akan dikenakan sanksi," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ratusan motor custom peserta Kustomfest 2019.Kompas.com/Donny Ratusan motor custom peserta Kustomfest 2019.

Bukan hanya sekedar melaporkan, tetapi motor yang sudah dimodifikasi atau custom juga wajib melakukan uji tipe, sebagaimana tertuang dalam Pasal 50.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Pasal 50 disebutkan bahwa: Setiap kendaraan bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan, yang diimpor, dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri, serta modifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan perubahan tipe, harus dilaporkan dan dilakukan uji tipe.

Uji tipe, sebagaimana yang dimaksud, ialah;

a. Pengujian fisik untuk pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan yang dilakukan terhadap landasan Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Bermotor dalam keadaan lengkap.

b. Penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor yang dilakukan terhadap rumah-rumah, bak muatan, kereta gandengan, kereta tempelan, dan Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi tipenya.

Baca juga: Pilih Moge Jadul yang Cocok Dijadikan Motor Custom

Untuk batasan ubahan atau modifikasi kendaraan bermotor juga sudah dijelaskan pada Pasal 52, yaitu;

Honda Tiger bergaya chopper bobber dijejali mesin model W Engine, garapan Psychoengine di Kustomfest 2019Dok. Kustomfest Honda Tiger bergaya chopper bobber dijejali mesin model W Engine, garapan Psychoengine di Kustomfest 2019

(1) Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (1) dapat berupa modifikasi dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.