Mazda Bangun Pabrik Perakitan di Indonesia Masih Wacana

Kompas.com - 28/02/2020, 11:03 WIB
Test drive Mazda CX-30 ke Glamping Lakeside, Ciwidey, Bandung Selatan IstimewaTest drive Mazda CX-30 ke Glamping Lakeside, Ciwidey, Bandung Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Mazda di Indonesia saat ini didatangkan dengan status Completely Build-Up ( CBU) dari Jepang dan Thailand oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI). Ternyata, wacana untuk melokalkan produk Mazda sudah dimulai.

Fedy Dwi Parileksono, Head of Department Public Relations and Media Communications, mengatakan, ada kemungkinan untuk PT EMI membangun pabrik untuk merakit produk Mazda di Indonesia, sehingga berstatus Completely Knock Down ( CKD).

Baca juga: Mobil Listrik Mazda MX-30 Masih Jauh dari Indonesia

"Lokalisasi produk saya belum bisa berkomentar, tapi kita lihat juga sih ada tendensi ke situnya bagaimana. tapi itu masih dalam pembahasan yang sangat intensif dari pihak Mazda corporation itu sendiri," ujar Fedy, di sela-sela Media Drive Mazda CX-30, di Bandung, belum lama ini.

Mazda CX-30Istimewa Mazda CX-30

Sayangnya, Fedy belum bisa menjelaskan lebih detail mengenai wacana perakitan produk tersebut. Sebab, pembicaraan mengenai hal tersebut masih sangat intensif.

Menurut Fedy, ada banyak hal yang dipertimbangkan oleh Mazda untuk membangun fasilitas produksi di Indonesia. Namun, sayangnya belum ada detail yang bisa dibocorkan untuk saat ini.

Baca juga: Mazda Akui Sulit Jualan Sedan di Indonesia

"Tentunya banyak ya, kalau untuk yang itu saya belum bisa komentar, karena pembahasannya masih sangat intensif dan masih di high level," kata Fedy.

Dengan dilokalkannya produk Mazda, tentu bisa menekan harga penjualan menjadi lebih terjangkau dibandingkan dengan mendatangkannya secara CBU.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X