Retrim Jok Mobil, Jangan Sampai Mengorbankan Airbag Samping

Kompas.com - 25/02/2020, 09:42 WIB
modifikasi kulit asli Kompas.com/Fathan Radityasanimodifikasi kulit asli

JAKARTA, KOMPAS.com – Melapis ulang jok mobil (retrim), biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan yang ingin merubah tampilan interior standar. Lalu untuk mobil modern yang sudah memiliki airbag samping atau side airbag pada jok, apakah retrim tetap bisa dilakukan?

Menurut Edy, pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept di Sunter, Jakarta, retrim jok mobil bisa dilakukan untuk kendaraan yang dilengkapi airbag samping. Namun, ada cara khusus ketika mengerjakannya.

“Tetap bisa dilakukan (jok dengan airbag), enggak masalah. Bedanya yaitu penggunaan benang dan trik penjaitan khusus, sehingga airbag tetap bisa berfungsi ketika kecelakaan,”kata Edy kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Harga Xpander Makin Mahal | Kelebihan dan Kekurangan Mobil Mesin Diesel

.Automotive Times .

Kesulitan dalam pengerjaannya sama saja seperti jok yang lain. Jika sudah tau bagian mana yang harus menggunakan benang dan pola jahitan yang sesuai standar, airbag akan tetap berfungsi.

“Ketika retrim jok yang memiliki aibag, kita harus pastikan kalau ketika kecelakaan, jahitan tidak menahan kantung udara untuk keluar dari jok. Untuk harganya sama dengan retrim kursi biasa,” ucap Edy.

Melihat fungsinya yang penting dalam keselamatan, melakukan retrim jok kendaraan harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Jangan sampai modifikasi yang dilakukan malah mengurangi unsur keselamatan pada kendaraan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X