Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Retrim Jok Mobil, Jangan Sampai Mengorbankan Airbag Samping

JAKARTA, KOMPAS.com – Melapis ulang jok mobil (retrim), biasa dilakukan oleh pemilik kendaraan yang ingin merubah tampilan interior standar. Lalu untuk mobil modern yang sudah memiliki airbag samping atau side airbag pada jok, apakah retrim tetap bisa dilakukan?

Menurut Edy, pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept di Sunter, Jakarta, retrim jok mobil bisa dilakukan untuk kendaraan yang dilengkapi airbag samping. Namun, ada cara khusus ketika mengerjakannya.

“Tetap bisa dilakukan (jok dengan airbag), enggak masalah. Bedanya yaitu penggunaan benang dan trik penjaitan khusus, sehingga airbag tetap bisa berfungsi ketika kecelakaan,”kata Edy kepada Kompas.com belum lama ini.

Kesulitan dalam pengerjaannya sama saja seperti jok yang lain. Jika sudah tau bagian mana yang harus menggunakan benang dan pola jahitan yang sesuai standar, airbag akan tetap berfungsi.

“Ketika retrim jok yang memiliki aibag, kita harus pastikan kalau ketika kecelakaan, jahitan tidak menahan kantung udara untuk keluar dari jok. Untuk harganya sama dengan retrim kursi biasa,” ucap Edy.

Melihat fungsinya yang penting dalam keselamatan, melakukan retrim jok kendaraan harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Jangan sampai modifikasi yang dilakukan malah mengurangi unsur keselamatan pada kendaraan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/25/094200115/retrim-jok-mobil-jangan-sampai-mengorbankan-airbag-samping

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke