Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertahan di Honda, Marquez Disebut Tidak Bernyali Seperti Rossi

Kompas.com - 23/02/2020, 11:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber gpone

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan Marc Marquez untuk tetap berada di Repsol Honda hingga MotoGP 2024 menjadi sorotan. Sebab, juara bertahan MotoGP ini menjadi pebalap pertama yang mendapat kontrak hingga empat tahun sekaligus dari Honda.

Salah satu kritikan datang dari mantan manajer sekaligus pengamat MotoGP, Carlo Pernat. Ia menyebut Marquez tidak seberani Valentino Rossi untuk meniti karirnya di ajang MotoGP.

"Saya tidak terlalu terkejut (tetap di Honda meski sudah merebut enam gelar juara dunia sejak 2013). Mereka (Honda dengan Marquez) memang seperti kombinasi yang tak bisa dipisahkan. Mengingatkan saya pada hubungan antara Schwantz dan Suzuki," katanya dilansir GPOne, Sabtu (22/2/2020).

Baca juga: Marquez Bertahan di Repsol Honda Sampai 2024

Marc Marquez perpanjang kontrak dengan Honda hingga akhir 2024. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Marc Marquez perpanjang kontrak dengan Honda hingga akhir 2024. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

"Bila bicara kekurangan Marquez, mungkin dia tidak akan peduli, tapi dia hanya akan menang dengan satu sepeda motor. Tidak seperti yang dilakukan Rossi dulu," lanjut Carlo.

Carlo juga menyebut, sisi buruk ketika suatu pebalap terlalu lama di pabrikan tertentu, ia akan menjadi tumpul ketika pindah tim atau mencoba menunggangi motor lain.

"Dalam karier saya, saya tidak pernah mengontrak seorang pebalap lebih dari tiga tahun karena ada banyak hal yang bisa terjadi dalam waktu lama tersebut. Hubungan bisa memburuk, banyak kejadian tak terduga. Sisi buruk dari keputusan itu, Anda juga akan menjadi budak dia," ucapnya.

Valentino Rossi (#46) bersenggolan dengan Marc Marquez (#93) di putaran ke-20 MotoGP Argentina 2018.
DOK. MOTOGP Valentino Rossi (#46) bersenggolan dengan Marc Marquez (#93) di putaran ke-20 MotoGP Argentina 2018.

Sebagaimana diketahui, Rossi sukses merebut tiga gelar juara dunia kelas primer Grand Prix (500cc/MotoGP) bersama Honda dan empat gelar juara dunia bersama Yamaha.

Sementara Marquez sukses merebut enam gelar juara dunia MotoGP sejak promosi bersama Repsol Honda pada 2013. Baby Alien hanya gagal satu kali merebut juara dunia di musim 2015 ketika bersaing dengan Jorge Lorenzo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber gpone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com