Ini Alasan Kenapa Ban Motor Matik Punya Ukuran Kecil

Kompas.com - 22/02/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi motor Otomania/Setyo AdiIlustrasi motor
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Sepeda motor matik menjadi kendaraan roda dua yang paling laris saat ini dan mengalahkan jenis yang lain, seperti bebek maupun motor sport.

Hal ini salah satunya disebabkan karena kemudahan dalam penggunaannya. Di samping itu motor dengan transmisi otomatis ini juga bisa dipakai oleh semua kalangan baik oleh laki-laki maupun perempuan.

Sehingga, banyak konsumen yang kemudian beralih untuk menggunakan motor matik. Tetapi, kadang muncul pertanyaan kenapa sepeda motor matik ini menggunakan ukuran ban yang kecil.

Seperti ring 12 inchi, 13 inchi dan juga 14 inchi dan sangat jarang ada motor matik yang menggunakan ukurang ban di atas 14 inchi.

Baca juga: Cara Mengendarai Motor Matik yang Benar untuk Pemula

Ukuran ban ini jelas berbeda dengan jenis kendaraan lain seperti motor bebek atau sport yang menggunakan ukuran ban lebih besar.

Ban motor matik terdapat angka-angka yang menjelaskan mengenai ukuran hingga kekuatan untuk memikul beban. Selain itu, angka tersebut juga menunjukkan kecepatan maksimal yang diperbolehkan.ilustrasi Ban motor matik terdapat angka-angka yang menjelaskan mengenai ukuran hingga kekuatan untuk memikul beban. Selain itu, angka tersebut juga menunjukkan kecepatan maksimal yang diperbolehkan.

Seperti ukuran 17 inchi, 18 inchi, bahkan sampai 19 inchi untuk motor petualang atau trail. Kepala Mekanik AHASS Cahaya Sakti Motor, Sragen, Jawa Tengah ( Jateng) Joko Purnomo menjelaskan, pemilihan ukuran ban ini bukan tanpa alasan.

Tetapi sudah melalui pertimbangan yang cukup matang sehingga motor matik bisa nyaman saat dikendarai.

“Motor matik memang dikhususkan untuk motor yang digunakan di perkotaan, di kompleks perumahan atau hanya digunakan untuk jarak dekat saja,” kata Joko saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/2/2020).

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Motor Matik

Sehingga, Joko menambahkan, ban yang digunakan ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran ban motor pada umumnya seperti motor bebek atau motorsport.

Dengan menggunakan ukuran ban yang lebih kecil, maka akselerasi motor matik juga akan lebih lincah dibandingkan dengan motor lainnya.

Berkendara motor matikStanly/Otomania Berkendara motor matik

“Kenapa bannya kecil karena kalau manuver bisa lebih lincah, bobotnya juga lebih enteng akselerasi juga lebih cepat,” ujarnya.

Selain itu, dengan menggunakan ukuran ban lebih kecil juga akan memudahkan dalam hal perawatan.

Selama ini motor matik juga identik dengan motor untuk para perempuan, maka dengan adanya ukuran ban lebih kecil tersebut akan semakin membuat nyaman saat dikendarai.

“Salah satunya juga karena awalnya motor matik ini dibuat untuk perempuan jadi dipilih ukuran ban lebih kecil,” ucapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X