Cara Mengendarai Motor Matik yang Benar untuk Pemula

Kompas.com - 21/02/2020, 10:12 WIB
Berkendara motor matik Stanly/OtomaniaBerkendara motor matik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Buat yang baru belajar naik sepeda motor, model skutik merupakan pilihan yang tepat karena cukup mudah. Tinggal memuntir gas untuk jalan dan menekan rem untuk berhenti.

Meski begitu, bukan berarti mengoperasikannya bisa asal saja. Sebab buka tutup gas dan rem pada skutik merupakan hal krusial. Kerap terjadi bukannya mengerem, karena panik justru 'membejek' gas.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Motor Matik

"Paling penting adalah kita harus tahu saat buka tutup gas yang aman saat menggunakan motor matik," kata Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, kepada Kompas.com.

Mengerem sepeda motor ada teorinya.mpm-motor.co.id Mengerem sepeda motor ada teorinya.

Pegendara juga harus menguasai instrumen yang ada, sebab kedua rem di matik berada di tangan. Lalu postur berkendara, karena di motor matik kaki kita bebas tanpa mengoperasikan apapun.

Baca juga: Pakai Mobil Transmisi Matik, Jangan Pakai Kaki Kiri Saat Injak Pedal Rem

Skutik baru Honda ADV 150 resmi meluncur di GIIAS 2019.Gilang Satria/Kompas.com Skutik baru Honda ADV 150 resmi meluncur di GIIAS 2019.

Berikut adalah empat tips mengendarai motor matik yang benar sesuai standar safety riding:

- Saat baru start atau jalan usahakan untuk tidak membuka gas secara spontan tapi lakukan bertahap, sampai kendaraan melaju dengan kecepatan stabil.

- Saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis, karena jika di tutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman.

- Untuk penggunaan rem, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem (depan dan belakang) secara bersamaan agar pengereman lebih efektif.

- Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu standbye di tuas rem kanan dan kiri.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X