Punya Mobil Mesin Diesel, Begini Cara Merawatnya

Kompas.com - 22/02/2020, 14:22 WIB
Mesin diesel 1.300 cc Suzuki Ertiga Hybrid Stanly/KompasOtomotifMesin diesel 1.300 cc Suzuki Ertiga Hybrid

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin diesel dikenal bandel dan minim perawatan, meski begitu bukan berarti pemilik mobil bisa acuh dan tidak mengetahui cara merawat mobilnya.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menjelaskan, dari segi perawatan mobil bermesin diesel terbilang lebih praktis dibandingkan dengan mesin bensin.

Mobil diesel tidak perlu ganti dan membersihkan busi, namun ada satu komponen yang harus diperhatikan yaitu filter solar,” ujarnya ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (22/2/2020).

Baca juga: 2 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengendara Motor Kopling

Meski tidak ada waktu pergantian secara periodik, sebaiknya filter solar selalu diganti bersamaan dengan ganti oli yaitu tiap 10.000 km.

Mesin diesel Volkswagen terbaru, lebih bertenaga dan irit bahan bakar.Car and Driver Mesin diesel Volkswagen terbaru, lebih bertenaga dan irit bahan bakar.

 

Hal serupa juga dikatakan Fransisca FA, Ketua Innova Community Indonesia, menurutnya, Innova diesel merupakan mobil yang perawatannya mudah dan simple. Meski begitu pemilik mobil tetap harus memperhatikan beberapa hal. 

Mesin diesel umumnya harus memperhatikan kondisi filter. Khususnya untuk yang terbiasa menggunakan bio solar.

“Filter solar harus rajin diganti, karena filter udara yang bersih merupakan hal yang terpenting bagi pengguna mobil diesel,” ujar Fransisca kepada Kompas.com.

Baca juga: Isuzu Panther Berhenti Diproduksi?

Kualitas BBM yang jelek menjadi faktor utama kuras tangki harus rutin dilakukan, memang ada filter bahan bakar yang bertugas untuk menyaring kotoran yang ada, namun kotoran yang mengendap terlalu lama biasanya akan membentuk sesuatu yang tidak lolos saringan kasar.

“Tetap harus melakukan pengurasan tanki secara rutin, agar saliran suplai untuk bahan bakar lancar dan tidak tersumbat” ujar Fransisca.

Jika tidak dikuras secara rutin akan timbul risiko injektor tersumbat atau rusak karena jalur bahan bakar yang sudah kotor.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X