Baiknya, Jangan Menyetel Rem CBS Honda Sendiri

Kompas.com - 14/02/2020, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa skutik Honda sudah menggunakan rem dengan sistem Combi Brake System (CBS). Sistem pengereman ini menggabungkan antara rem depan dengan rem belakang dalam satu tuas pada sepeda motor matik.

Jadi, saat pengendara menekan tuas rem sebelah kiri, otomatis rem depan dan belakang mengerem secara bersamaan. Namun, tidak berlaku untuk tuas rem sebelah kanan.

Baca juga: Cara Kerja Rem CBS di Honda ADV 150

Seiring pemakaian, kampas rem tentu akan semakin menipis. Tuas pengereman pun akan semakin dalam dan harus disetel agar pengereman tetap optimal.

Combi Brake System pada skutik HondaKompas.com/Donny Combi Brake System pada skutik Honda

Namun, penyetelan rem CBS disarankan untuk tidak dilakukan sendiri. Bahkan, sudah ada stiker peringatannya di bagian bawah tuas rem sebelah kiri.

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS DAM, mengatakan, ada beberapa titik dari line equalizer CBS yang harus disetel dan diukur.

"Karena seiring berkurangnya kampas rem belakang, proporsi rem depan saat rem belakang dipakai untuk tipe CBS akan terpengaruh," ujar Wahyudin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Wahyudin menambahkan, tingkat kepakeman fitur Parking Brake Lock juga akan berkurang. Sebaliknya, pada saat penggantian kampas rem belakang juga perlu dilakukan penyetelan ulang lagi.

Baca juga: Pentingnya Menggunakan Kampas Rem Motor Orisinal

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang, mengatakan, dalam penyetelan rem CBS tidak bisa sembarangan seperti rem biasa. Sebab, penyetelan ini dilakukan untuk komposisi perpaduan rem depan dan belakang.

"Penyetelannya juga ada panduan khusus dari pabrikan. Semua sudah diatur dan dijelaskan di buku Buku Pedoman Reparasi Honda," kata pria yang akrab disapa Herman tersebut.

Menurutnya, jika salam dalam melakukan penyetelan bisa fatal akibatnya. Sebab, bisa saja yang berfungsi hanya rem depan saja saat tuas rem belakang yang ditekan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.