Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2019, 12:54 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda ADV 150 memiliki dua tipe yaitu versi ABS dan CBS atau Combi Brake System. Sistem ini menggabungkan antara rem depan dan rem belakang sehingga jarak pengereman lebih pendek.

CBS bekerja dengan cara menekan tuas rem tangan sebelah kiri (belakang), maka rem depan dan rem belakang berfungsi bersamaan. Sistem ini diklaim memberikan brake feeling yang lebih baik serta pengereman optimal.

Baca juga: Akankah Honda ADV 150 Bermasalah Seperti PCX 150?

Honda ADV 150 KOMPAS.com/Gilang Honda ADV 150

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, sistem CBS pada ADV 150 mirip yang dipakai di PCX 150 model 2018. Sistemnya hidrolik bukan mekanikal dan memakai delay valve.

"Delay valve dipasang di jalur hidrolik untuk brake lever belakang atau depan. Fungsinya mengendalikan tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh masukan dari brake lever belakang," kata Endro yang ditemui di GIIAS 2019 belum lama ini.

Mudahnya, tujuan delay valve yaitu membuat jeda ketika tuas kiri ditarik. Rem belakang akan melakukan pengereman lebih dulu, baru kemudian rem depan. Tujuannya supaya hasil pengereman lebih halus dan tidak ''kagetan.''

Pengereman CBS KOMPAS.com/Gilang Pengereman CBS

Baca juga: Kulik 5 Perbedaan Honda ADV 150 dan X-ADV

Kaliper rem depan, kata Endro, memakai kaliper dengan tiga piston. Dari ketiganya hanya dua yang bekerja untuk pengereman depan, sedangkan satu kaliper khusus untuk pengereman CBS atau rem belakang.

"Saat pengendara melakukan pengereman belakang, CBS akan bekerja, buat rem depan yang kerja itu hanya satu piston saja, bukan semuanya. Sedangkan kalau rem depan, dua piston yang bekerja," kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com