Cara Kerja Rem CBS di Honda ADV 150

Kompas.com - 01/08/2019, 12:54 WIB
Modifikasi Honda ADV 150 dipajang di GIIAS 2019 AHMModifikasi Honda ADV 150 dipajang di GIIAS 2019
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda ADV 150 memiliki dua tipe yaitu versi ABS dan CBS atau Combi Brake System. Sistem ini menggabungkan antara rem depan dan rem belakang sehingga jarak pengereman lebih pendek.

CBS bekerja dengan cara menekan tuas rem tangan sebelah kiri (belakang), maka rem depan dan rem belakang berfungsi bersamaan. Sistem ini diklaim memberikan brake feeling yang lebih baik serta pengereman optimal.

Baca juga: Akankah Honda ADV 150 Bermasalah Seperti PCX 150?

Honda ADV 150 KOMPAS.com/Gilang Honda ADV 150

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, sistem CBS pada ADV 150 mirip yang dipakai di PCX 150 model 2018. Sistemnya hidrolik bukan mekanikal dan memakai delay valve.

"Delay valve dipasang di jalur hidrolik untuk brake lever belakang atau depan. Fungsinya mengendalikan tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh masukan dari brake lever belakang," kata Endro yang ditemui di GIIAS 2019 belum lama ini.

Mudahnya, tujuan delay valve yaitu membuat jeda ketika tuas kiri ditarik. Rem belakang akan melakukan pengereman lebih dulu, baru kemudian rem depan. Tujuannya supaya hasil pengereman lebih halus dan tidak ''kagetan.''

Pengereman CBS KOMPAS.com/Gilang Pengereman CBS

Baca juga: Kulik 5 Perbedaan Honda ADV 150 dan X-ADV

Kaliper rem depan, kata Endro, memakai kaliper dengan tiga piston. Dari ketiganya hanya dua yang bekerja untuk pengereman depan, sedangkan satu kaliper khusus untuk pengereman CBS atau rem belakang.

"Saat pengendara melakukan pengereman belakang, CBS akan bekerja, buat rem depan yang kerja itu hanya satu piston saja, bukan semuanya. Sedangkan kalau rem depan, dua piston yang bekerja," kata Endro.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X