Suzuki Pastikan XL7 Diproduksi di Indonesia

Kompas.com - 06/02/2020, 19:02 WIB
Bocoran Suzuki Ertiga XL7 IstimewaBocoran Suzuki Ertiga XL7
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Suzuki XL7 hanya tinggal sesaat lagi. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), telah memberikan sinyal bakal merilis mobil yang bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV) itu pada 15 Februari 2020 mendatang.

Tak hanya itu saja, SIS juga telah memastikan bila nantinya XL7 yang akan diluncurkan di Indonesia bukanlah produk yang didatangkan dari India, melainkan unit produksi Indonesia.

"Kita produksi lokal di sini (Indonesia), dan natinya kami juga minta agar itu (XL7) bisa diekspor," kata Direktur Pemasaran 4 Roda PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, kepada media di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Baca juga: Jadi Rival BR-V, Honda Santai Hadapi Kehadiran Suzuki XL7

Karena itu, Donny pun menjamin bila setelah XL7 resmi meluncur, konsumen tak perlu lama menunggu untuk mendapatkan unitnya.

Bocoran Suzuki XL7 Bocoran Suzuki XL7

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara soal segmentasi produk, Donny juga telah menegaskan meski menggunakan basis yang sama dengan Ertiga, tapi XL7 nantinya akan berbeda kelas. Artinya, XL7 tak akan bermain di ceruk MPV murah.

"Saya belum bisa bicara banyak sebelum nanti meluncur, tapi yang pasti model baru. Kalau kami tadi bicara akan meluncurkan model baru, pasti secara segmennya pun beda dengan yang ada saat ini," ujar Donny.

Sebelumnya, 4W Sales Director PT SIS Makmur, juga sudah menjelaskan bila salah satu alasa Suzuki merilis XL7 lantaran pesatnya perkembagan tren SUV. Bukan hanya global, tapi juga di Indonesia sendiri.

Baca juga: Bagaimana Spek Suzuki XL7 yang Bakal Jadi Rival Rush dan Terios?

Tampak bagian belakang Suzuki Ertiga XL7Istimewa Tampak bagian belakang Suzuki Ertiga XL7

Namun demikian, SUV untuk pasar Indonesia tidak bisa disamakan dengan negara lain. Hal ini lantaran konsumen di Tanah Air memiliki kriteria yang berbeda.

"Untuk Indonesia mungkin karena faktor kondisi geografis jalan, tapi SUV yang dimaksud bukan real jeep, melainkan lebih ke stylish, nyaman, tujuh penumpang, dan punya ground clearance tinggi. Itu yang dibutuhkan orang Indonesia," ucap Makmur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.