Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Pastikan XL7 Diproduksi di Indonesia

Kompas.com - 06/02/2020, 19:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Suzuki XL7 hanya tinggal sesaat lagi. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), telah memberikan sinyal bakal merilis mobil yang bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV) itu pada 15 Februari 2020 mendatang.

Tak hanya itu saja, SIS juga telah memastikan bila nantinya XL7 yang akan diluncurkan di Indonesia bukanlah produk yang didatangkan dari India, melainkan unit produksi Indonesia.

"Kita produksi lokal di sini (Indonesia), dan natinya kami juga minta agar itu (XL7) bisa diekspor," kata Direktur Pemasaran 4 Roda PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra, kepada media di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Baca juga: Jadi Rival BR-V, Honda Santai Hadapi Kehadiran Suzuki XL7

Karena itu, Donny pun menjamin bila setelah XL7 resmi meluncur, konsumen tak perlu lama menunggu untuk mendapatkan unitnya.

Bocoran Suzuki XL7 Bocoran Suzuki XL7

Sementara soal segmentasi produk, Donny juga telah menegaskan meski menggunakan basis yang sama dengan Ertiga, tapi XL7 nantinya akan berbeda kelas. Artinya, XL7 tak akan bermain di ceruk MPV murah.

"Saya belum bisa bicara banyak sebelum nanti meluncur, tapi yang pasti model baru. Kalau kami tadi bicara akan meluncurkan model baru, pasti secara segmennya pun beda dengan yang ada saat ini," ujar Donny.

Sebelumnya, 4W Sales Director PT SIS Makmur, juga sudah menjelaskan bila salah satu alasa Suzuki merilis XL7 lantaran pesatnya perkembagan tren SUV. Bukan hanya global, tapi juga di Indonesia sendiri.

Baca juga: Bagaimana Spek Suzuki XL7 yang Bakal Jadi Rival Rush dan Terios?

Tampak bagian belakang Suzuki Ertiga XL7Istimewa Tampak bagian belakang Suzuki Ertiga XL7

Namun demikian, SUV untuk pasar Indonesia tidak bisa disamakan dengan negara lain. Hal ini lantaran konsumen di Tanah Air memiliki kriteria yang berbeda.

"Untuk Indonesia mungkin karena faktor kondisi geografis jalan, tapi SUV yang dimaksud bukan real jeep, melainkan lebih ke stylish, nyaman, tujuh penumpang, dan punya ground clearance tinggi. Itu yang dibutuhkan orang Indonesia," ucap Makmur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com