Awas, Bulu Kucing Bisa Merusak AC Mobil

Kompas.com - 06/02/2020, 17:24 WIB
Membawa hewan peliharaan dengan mobil KOMPAS.com/Aprida Mega NandaMembawa hewan peliharaan dengan mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Bepergian bersama hewan peliharan memang bisa menjadi hal yang menyenangkan. Tetapi harus diperhatikan, bulu hewan yang tertinggal di kabin bisa berbahaya bagi kesehatan pengemudi dan merusak AC mobil.

Bulu-bulu binatang yan rontok dan menempel pada interior mobil memang sulit dibersihkan, banyak orang yang salah langkah ketika membersihkan bulu hewan.

Kebanyakan dari mereka membersihkan menggunakan lap, padahal itu bisa membuat bulu kucing berterbangan kembali.

Baca juga: Pakai Pelat Nomor Cantik, Setiap 5 Tahun Sekali Harus Bayar

Dokter hewan Adi Nugraha menjelaskan, ketika membawa hewan peliharaan seperti kucing atau anjing berkendara sebaiknya selalu membawa roller untuk membersihkan bulu kucing.

Bulu kucing bisa berbahaya jika masuk ke dalam saluran pernafasan, apalagi saat berkendara menggunakan mobil, bulu nya bisa masuk ke filter AC yang kemudian dihirup kembali oleh pengemudi selain itu hal ini dapat merusak AC juga,” ujar Adi belum lama ini kepada Kompas.com.

Ac mobil bisa membuat dehidrasi google Ac mobil bisa membuat dehidrasi

Baca juga: Setang Jepit buat NMAX, Aerox, PCX dan ADV 150

Hal ini dibenarkan oleh Kevin selaku Business Develompment Rotary Bintaro, bulu kucing bisa berpengaruh pada AC mobil. Karena bulu hewan tersebut tersedot motor blower dan menempel di evaporator.

“Ketika ada hewan peliharaan di dalam mobil, sedikit banyak bulunya bisa masuk ke evaporator. Dan debu akan menumpuk di bagian sana, sehingga bisa membuat evaporator AC menjadi keropos dan menyebabkan kebocoran,” ujar Kevin kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (06/02/2020)

Ketika hal ini terjadi Kevin menyarankan untuk segera melakukan pergantian filter dan vacum interior dengan intensif.

“Jangan lupa lakukan maintenance perawatan AC mobil secara berkala,” ujar Kevin.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X