Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Sabuk Pengaman pada Mobil Butuh Perawatan?

Kompas.com - 05/02/2020, 06:32 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk pengaman atau safety belt mempunyai peran yang sangat vital pada kendaraan, untuk menjaga keselamatan pengemudi maupun penumpang.

Maka dari itu, kondisi sabuk pengaman harus terjaga sehingga bisa berfungsi optimal saat digunakan.

Jika sabuk pengaman tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan atau perbaikan ke bengkel.

Jok baris ketiga di varian Rush TRD Sportivo Ultimo lengkap dengan sabuk pengaman.Febri Ardani/KompasOtomotif Jok baris ketiga di varian Rush TRD Sportivo Ultimo lengkap dengan sabuk pengaman.

Mengingat, fungsi yang cukup penting dari sabuk pengaman adalah mengantisipasi terjadinya benturan yang lebih fatal saat kecelakaan terjadi.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan, Bisa Dapat CR-V hingga BMW

Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, pada dasarnya sabuk pengaman atau seat belt tidak membutuhkan perawatan seperti komponen mobil yang lainnya.

Baca juga: Risiko Jika Penumpang Belakang Tidak Pakai Sabuk Pengaman

Akan tetapi, jika sabuk pengaman ada kendala seperti tidak mau menarik secara otomatis setelah digunakan hal itu perlu dilakukan pengecekan.

Ilustrasi seat beltwww.oralanswers.com Ilustrasi seat belt

“Selama sabuk pengaman bisa berfungsi normal tidak perlu dilakukan perawatan. Tetapi, jika terjadi masalah seperti tidak mau menarik lagi baru dilakukan pengecekan kondisi roll di dalam pilar,” ujar Anjar kepada Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

Jika setelah dilakukan pengecekan, lanjut Anjar, ditemukan adanya kerusakan maka perlu dilakukan penggantian. Sehingga fungsi sabuk pengaman bisa kembali seperti sedia kala.

“Setelah dilakukan pengecekan dan ternyata sudutnya sudah sesuai tapi tidak mau menarik, itu baru dilakukan penggantian,” katanya.

Baca juga: Jangan Abaikan Sabuk Pengaman, Akibatnya Bisa Fatal

Hal yang sama juga disampaikan oleh Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Didi menyampaikan, selama ini sabuk pengaman sudah didesain memiliki umur yang panjang.

Bahkan usia sabuk pengaman setara dengan usia mobil. Sehingga, tidak perlu ada perawatan untuk menjaga kondisinya agar tetap maksimal.

Ilutrasi penumpang belakang tanpa seat belt Ilutrasi penumpang belakang tanpa seat belt

“Untuk perawatan sabuk pengaman tidak perlu dilakukan. Itu biasanya tahan lama seperti usia mobil,” kata Didi.

Tetapi, lanjutnya jika sabuk pengaman tidak berfungsi sebagaimana mestinya kemungkinan ada kerusakan pada pegasnya. Sehingga, sabuk pengaman tidak mau menarik secara otomatis setelah digunakan. “Kemungkinan pegasnya sudah lemah,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com