Apakah Sabuk Pengaman pada Mobil Butuh Perawatan?

Kompas.com - 05/02/2020, 06:32 WIB
seat belt gahighwaysafety.orgseat belt
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk pengaman atau safety belt mempunyai peran yang sangat vital pada kendaraan, untuk menjaga keselamatan pengemudi maupun penumpang.

Maka dari itu, kondisi sabuk pengaman harus terjaga sehingga bisa berfungsi optimal saat digunakan.

Jika sabuk pengaman tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan atau perbaikan ke bengkel.

Jok baris ketiga di varian Rush TRD Sportivo Ultimo lengkap dengan sabuk pengaman.Febri Ardani/KompasOtomotif Jok baris ketiga di varian Rush TRD Sportivo Ultimo lengkap dengan sabuk pengaman.

Mengingat, fungsi yang cukup penting dari sabuk pengaman adalah mengantisipasi terjadinya benturan yang lebih fatal saat kecelakaan terjadi.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan, Bisa Dapat CR-V hingga BMW

Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, pada dasarnya sabuk pengaman atau seat belt tidak membutuhkan perawatan seperti komponen mobil yang lainnya.

Baca juga: Risiko Jika Penumpang Belakang Tidak Pakai Sabuk Pengaman

Akan tetapi, jika sabuk pengaman ada kendala seperti tidak mau menarik secara otomatis setelah digunakan hal itu perlu dilakukan pengecekan.

Ilustrasi seat beltwww.oralanswers.com Ilustrasi seat belt

“Selama sabuk pengaman bisa berfungsi normal tidak perlu dilakukan perawatan. Tetapi, jika terjadi masalah seperti tidak mau menarik lagi baru dilakukan pengecekan kondisi roll di dalam pilar,” ujar Anjar kepada Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

Jika setelah dilakukan pengecekan, lanjut Anjar, ditemukan adanya kerusakan maka perlu dilakukan penggantian. Sehingga fungsi sabuk pengaman bisa kembali seperti sedia kala.

“Setelah dilakukan pengecekan dan ternyata sudutnya sudah sesuai tapi tidak mau menarik, itu baru dilakukan penggantian,” katanya.

Baca juga: Jangan Abaikan Sabuk Pengaman, Akibatnya Bisa Fatal

Hal yang sama juga disampaikan oleh Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi. Didi menyampaikan, selama ini sabuk pengaman sudah didesain memiliki umur yang panjang.

Bahkan usia sabuk pengaman setara dengan usia mobil. Sehingga, tidak perlu ada perawatan untuk menjaga kondisinya agar tetap maksimal.

Ilutrasi penumpang belakang tanpa seat belt Ilutrasi penumpang belakang tanpa seat belt

“Untuk perawatan sabuk pengaman tidak perlu dilakukan. Itu biasanya tahan lama seperti usia mobil,” kata Didi.

Tetapi, lanjutnya jika sabuk pengaman tidak berfungsi sebagaimana mestinya kemungkinan ada kerusakan pada pegasnya. Sehingga, sabuk pengaman tidak mau menarik secara otomatis setelah digunakan. “Kemungkinan pegasnya sudah lemah,” kata Didi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X