Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risiko Jika Penumpang Belakang Tidak Pakai Sabuk Pengaman

Kompas.com - 04/02/2020, 15:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Penggunaan sabuk pengaman atau safety belt selama ini memang baru diwajibkan bagi pengemudi mobil dan juga penumpang yang duduk di sampingnya.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 pasal 106 ayat (6) dijelaskan bahwa pengemudi dan penumpang yang posisinya duduk di samping sopir wajib mengenakan sabuk pengaman.

Bagi pengendara yang melanggar aturan tersebut akan mendapatkan sanksi denda sebesar Rp 250.000 atau kurungan penjara paling lama satu bulan.

Hal ini sebagaimana tertuang pada pasal 289 dalam Undang-Undang yang sama.

Meski begitu, bukan berarti penumpang yang duduk di bangku belakang tidak perlu menggunakan sabuk pengaman.

Keberadaan sabuk pengaman bagi penumpang di kursi baris kedua maupun ketiga juga tidak kalah pentingnya. Salah satunya adalah untuk menjaga tubuh penumpang agar tidak ikut terpental saat terjadi kecelakaan.

Baca juga: Kecelakaan Jazz di Sirkuit Sentul, Ini Pentingnya Sabuk Pengaman

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Director Training The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

seat beltgahighwaysafety.org seat belt

Marcel juga mengatakan bahwa penumpang di bangku belakang sebaiknya tetap menggunakan sabuk pengaman.

“Karena bila penumpang belakang tidak menggunakan sabuk pengaman atau safety belt maka saat tabrakan terjadi penumpang dapat terpental-pental,” katanya.

Selain itu, lanjut Marcell, penumpang bahkan bisa mencederai pengemudi atau penumpang di depannya. Tetapi, jika penumpang di belakang juga menggunakan sabuk pengaman hal ini bisa diantisipasi.

“Kalau tidak menggunakan sabuk pengaman penumpang di belakang juga bisa mencederai pengemudi dan penumpang depan yang menggunakan safety belt,” ucapnya.

Baca juga: Kecelakaan Jazz di Sirkuit Sentul, Ini Pentingnya Sabuk Pengaman

Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan Marcell pun menyarankan kepada seluruh penumpang mobil agar tetap menggunakan sabuk pengaman demi keselamatan.

Ilustrasi kecelakaan tanpa seat belt belakangtheaustralian.com.au Ilustrasi kecelakaan tanpa seat belt belakang

Tidak hanya keselamatan penumpang tetapi juga pengemudi yang sudah menggunakan sabuk pengaman.

“Memang yang diwajibkan mengenakan sabuk pengaman adalah sopir dan penumpang yang ada di samping sopir, tetapi penumpang di belakang juga sebaiknya menggunakan sabuk pengaman,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com