Evaporator AC Mobil, Komponen Penting yang Harus Dijaga

Kompas.com - 30/01/2020, 18:14 WIB
Evaporator AC mobil Foto: Dokter MobilEvaporator AC mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Idealnya, evaporator dibersihkan minimal satu tahun sekali atau tiap 20.000 km. Jika evaporator kotor, berarti udara kotor pun akan kita hirup saat menyalakan AC mobil.

Sederhananya fungsi evaporator adalah menyerap udara panas dan menghembuskannya kembali menjadi udara dingin. Lalu bagaimana jika evaporator jarang dibersihkan?

Baca juga: Bersihkan Evoporator AC Mobil Pakai Teknik Semprot

Mobil zaman dulu memiliki lapisan antibakteri, kadang kalau mobil itu sudah kotor sekali pun tidak akan terlalu bau. Berbeda dengan mobil sekarang, baru kotor sedikit saat kita menghidupi AC sudah bau apek,” ujar Kevin selaku Business Development kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (29/01/2020)

Kevin menjelaskan evaporator mobil sekarang harus rutin dibersihkan dan diganti filter kabinnya.

Karena evaporator pada mobil keluaran terbaru bahan dan materialnya lebih tipis, lebih mudah korosi dan bocor.

Ac mobil bisa membuat dehidrasi google Ac mobil bisa membuat dehidrasi

Baca juga: Mobil Listrik, Solusi Ampuh Kurangi Polusi akibat Kendaraan Bermotor

“Jadi kalau kita jarang maintanance tetapi AC mobil tetap dingin, lama-lama debu akan membuat evaporator menjadi korosi, keropos lalu bocor. Kalau sudah bocor, freon bisa keluar dari sana maka AC menjadi tidak dingin dan sedikit banyak freon akan terhirup dan tidak baik untuk kesehatan” ujar Kevin.

Kevin melanjutkan, pemiliki mobil harus rajin menjaga kebersihan dalam kabin, termasuk karpet. Karena debu-debu dan partikel halus bisa memperberat kinerja saringan udara.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X