Bersihkan Evoporator AC Mobil Pakai Teknik Semprot

Kompas.com - 09/07/2019, 11:22 WIB
Evaporator Mobil Foto: JefriEvaporator Mobil

TANGERANG, KOMPAS.com - Jika biasanya servis AC mobil bersifat ringan seperti membersihkan filter dan blower, maka kini pembersihan evoporator bisa dilakukan dengan mudah menggunakan teknik semprot.

Evaporator AC yang biasanya terletak di belakang dasbor mobil akan dimasukkan alat khusus bernama endoskopi. Alat ini akan menyemprot evoporator dengan air bertekanan untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.

Baca juga: Teknik Cuci Mobil Baru, Tanpa Sentuhan

Stephen Setyadi, Manager Marketing Autoglaze, perusahaan penyedia jasa perawatan mobil, mengatakan, dengan menggunakan endoskopi pembersihan evoporator jadi lebih singkat karena tidak perlu bongkar apapun. Prosesnya hanya memakan waktu 1 jam dari awal hingga selesai.

"Endoskopi ini punya kamera dan bisa menyemprotkan angin serta air. Caranya alat dimasukkan ke lubang jalur evaporator. Kemudian disemprot dengan cairan khusus, lalu dibilas pakai air dan tekanan angin,” kata Stephen di Tangerang, Senin (8/7/2019).

Evaporator AC mobilFoto: Dokter Mobil Evaporator AC mobil

Baca juga: Musim Kemarau, Cek Kondisi Filter Udara

Stephen mengatakan, fungsi evoporator cukup penting di dalam komponen pendingin mobil. Namun selama ini masih kurang diperhatikan. Padahal pembersihan blower dan filter kurang maksimal tanpa evoporator.

"Pernah tidak waktu kita nyalakan mobil terasa udara yang keluar tidak enak. Itu bisa jadi karena evoporatornya kotor. Meski blower dan filternya bersih tapi kalau evoporatornya masih kotor sama saja," kata Stephen.

Dengan membersihkan evoporator maka sirkulasi AC lebih lancar, sehingga suhu udara di dalam kabin tetap dingin. Evaporator yang awet dan tahan lama, akan membantu masa hidup komponen AC lainnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X