Mitos atau Fakta, Kaca Film Gelap Bisa Ganggu Sinyal HP?

Kompas.com - 22/01/2020, 16:36 WIB
Kaca Film Blacklist istimewaKaca Film Blacklist

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang pasti pernah mengalami gangguan sinyal telepon seluler (ponsel) tiba-tiba saat berada di dalam kendaraan roda empat atau lebih.

Ini memang bisa saja terjadi bila kita berada di basement, atau dekat dengan menara pemancar yang juga memiliki frekuensi sinyal. Namun, ada yang beranggapan kaca film gelap bisa memengaruhi sinyal pada ponsel.

CEO Makko Group Christopher Sebastian menegaskan bahwa kadar gelap kaca film sama sekali tidak berpengaruh pada sinyal ponsel. Faktor yang bisa memengaruhi adalah bahan dasar dari kaca film tersebut.

Baca juga: Fresh Graduate Baru Bekerja dan Mau Beli Mobil? Simak Ini

“Faktanya sinyal HP itu terpengaruh dari bahan kaca film, bukan dari tingkat kegelapan kaca film. Sinyal HP dan radio akan terpengaruh bila menggunakan kaca film berbahan logam,” kata Christopher kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Christopher menambahkan, sebaiknya menggunakan kaca film dengan kandungan logam di bawah 50 persen agar tidak mengganggu sinyal ponsel.

proses pemasangan kaca filmKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda proses pemasangan kaca film

Makko Group membawahkan beberapa produk kaca film untuk kendaraan, seperti Masterpiece, Firstklass, Blacklist, O2, dan Signature.

Produk-produk yang ditawarkan tersebut diklaim bisa menahan sinar UV, tanpa harus mengorbankan sinyal ponsel atau radio, karena tidak menggunakan kaca film berbahan logam.

Senada dengan Christopher, Martin dari salah satu diler Authorized 3M mengatakan, ada tiga jenis bahan dasar kaca film yang bisa memengaruhi sinyal, bukan berdasarkan tingkat kegelapan kaca film tersebut.

Proses pemasangan kaca film KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Proses pemasangan kaca film

Baca juga: Pilih Kaca Film Mobil, Jangan Asal Gelap

“Jadi kaca film itu biasanya ada tiga jenis bahan dasar, yaitu nano metal, nano carbon, dan nano ceramic. Nah, yang menghambat sinyal itu adalah berbahan dasar nano metal," ujar Martin.

Martin menjelaskan, biasanya kaca film yang berwarna silver menggunakan bahan dasar nano metal dan akan menghambat sinyal.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X