Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Suzuki soal Kabar Terbaru Harga Ertiga XL7

Kompas.com - 22/01/2020, 13:35 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi tentang Suzuki Ertiga crossover, XL7 bocor di media sosial. Mobil dipercaya akan hadir di Indonesia pada Februari mendatang.

Bahkan, pada informasi tersebut ditampilkan pula perkiraan harga dari XL7 untuk wilayah Jabodetabek, yakni mulai dari Rp 230 juta hingga Rp 267 jutaan.

Dikonfirmasi Kompas.com, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra tak menampik bahwa pihaknya tengah mempersiapkan beberapa kejutan di tahun ini.

Tapi belum bisa dipastikan apakah yang dimaksud peluncuran produk seperti kabar soal Ertiga XL7 tersebut atau bukan.

Baca juga: Bocoran Harga Ertiga XL7 Mulai Rp 170 Jutaan, Ini Kata Suzuki

Bocoran Suzuki XL7 Bocoran Suzuki XL7

"Saya belum bisa berkomentar untuk gambar yang tengah beredar di media sosial tentang XL7. Kami tentu punya strategi di tahun ini, tapi jelasnya akan dijelaskan pada Februari mendatang bersamaan dengan media gathering," kata Donny, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

"Bila informasinya bukan datang dari pihak Suzuki, maka kami tidak bisa mempertanggungjawabkan kebenarannya. Jadi tunggu saja informasi resminya," lanjut Donny.

Pada kesempatan terpisah, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS Harold Donnel menjelaskan, bila XL7 masuk ke Indonesia maka jangkauan pasar Suzuki Indonesia akan menjadi lebih luas.

Baca juga: Simak Bocoran Spesifikasi Ertiga XL7

"Sebab segmennya itu beda dengan Ertiga, karena (XL7) termasuk LSUV. Artinya, akan ada konsumen baru. Tapi bila ditanya apakah ada kanibalisme, itu bisa saja terjadi karena kalau dilihat antara pasar LSUV dan LMPV, selisih harganya tak terlalu jauh," kata dia.

Sebagaimana dikatakan sumber Kompas.com sebelumnya, Suzuki disebut akan meluncurkan XL7 pada pertengahan Februari 2020. Mobil memiliki tiga varian yaitu Zeta, Beta, dan Alpha.

Adapun perkiraan harganya, dimulai dari Rp 230 juta untuk varian Zeta, Rp 246,5 juta varian Beta, serta Rp 256,5 - 267 juta untuk tipe teratas atau Alpha. Sebelumnya, Kompas.com menulis info awal harga Ertiga XL7 mulai Rp 170 juta.

Bocoran spesifikasi XL7 Bocoran spesifikasi XL7

Sudah Bisa Dipesan

Sementara itu, salah satu wiraniaga Suzuki di Jakarta Utara menyatakan bahwa mobil sudah dapat dipesan konsumen dengan memberikan uang jadi sebesar Rp 5 juta.

"Spesifikasi dan harga resminya nanti diluncurkan tidak lama lagi. Saat ini jika berminat, bisa melakukan pemesanan awal dahulu. Jadi ketika harga sudah datang, tinggal dikurangi uang jadi yang sudah disetorkan tadi," katanya,

Ia juga menyebut bahwa, distribusi unit bakal dilakukan pada pertengahan Maret mendatang.

Baca juga: Kata Suzuki Soal Ertiga XL7 di Indonesia

Suzuki Ertiga 2020 dapat sentuhan baru Suzuki Ertiga 2020 dapat sentuhan baru

Untuk diketahui XL7 pertama kali meluncur di India, namun posisinya sebagai varian tertinggi dari Ertiga. Di India disebut XL6 yang berarti mampu menampung enam orang penumpang dengan skema 2+2+2.

Di Indonesia, mobil menggunakan nama XL7 yang berarti mampu menampung tujuh penumpang atau 2+3+2. Maka, mobil akan mencoba menyisir celah segmen low MPV tujuh penumpang dengan genre crossover.

Suzuki sendiri baru memberikan ubahan pada Ertiga 2020. Harga yang ditawarkan untuk tipe GL sebesar Rp 224,5 juta (manual) dan Rp 235 juta (matik).

Sementara tipe GX manual dijual sebesar Rp 238,5 juta dan Rp 249 juta bagi model otomatiknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com