Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Kaca Film Gelap Bisa Ganggu Sinyal HP?

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang pasti pernah mengalami gangguan sinyal telepon seluler (ponsel) tiba-tiba saat berada di dalam kendaraan roda empat atau lebih.

Ini memang bisa saja terjadi bila kita berada di basement, atau dekat dengan menara pemancar yang juga memiliki frekuensi sinyal. Namun, ada yang beranggapan kaca film gelap bisa memengaruhi sinyal pada ponsel.

CEO Makko Group Christopher Sebastian menegaskan bahwa kadar gelap kaca film sama sekali tidak berpengaruh pada sinyal ponsel. Faktor yang bisa memengaruhi adalah bahan dasar dari kaca film tersebut.

“Faktanya sinyal HP itu terpengaruh dari bahan kaca film, bukan dari tingkat kegelapan kaca film. Sinyal HP dan radio akan terpengaruh bila menggunakan kaca film berbahan logam,” kata Christopher kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Christopher menambahkan, sebaiknya menggunakan kaca film dengan kandungan logam di bawah 50 persen agar tidak mengganggu sinyal ponsel.

Makko Group membawahkan beberapa produk kaca film untuk kendaraan, seperti Masterpiece, Firstklass, Blacklist, O2, dan Signature.

Produk-produk yang ditawarkan tersebut diklaim bisa menahan sinar UV, tanpa harus mengorbankan sinyal ponsel atau radio, karena tidak menggunakan kaca film berbahan logam.

Senada dengan Christopher, Martin dari salah satu diler Authorized 3M mengatakan, ada tiga jenis bahan dasar kaca film yang bisa memengaruhi sinyal, bukan berdasarkan tingkat kegelapan kaca film tersebut.

“Jadi kaca film itu biasanya ada tiga jenis bahan dasar, yaitu nano metal, nano carbon, dan nano ceramic. Nah, yang menghambat sinyal itu adalah berbahan dasar nano metal," ujar Martin.

Martin menjelaskan, biasanya kaca film yang berwarna silver menggunakan bahan dasar nano metal dan akan menghambat sinyal.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/22/163653015/mitos-atau-fakta-kaca-film-gelap-bisa-ganggu-sinyal-hp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke