Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Kaca Film Mobil, Jangan Asal Gelap

Kompas.com - 03/11/2019, 09:53 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dengan banyaknya produk yang tersedia di pasaran, konsumen bakal dibingungkan saat memilik kaca film. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum memasangnya.

Pertama, pilih kaca film sesuai dana yang sudah disiapkan. Kedua, pilih karakteristik kaca film yang Anda inginkan.

Menurut Iin, Owner toko kaca film Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement Jakarta Selatan, kaca film yang baik adalah yang bisa menahan hawa panas dari luar.

Baca juga: Alasan Kenapa Kaca Film Mobil di Jepang Tak Ada yang Gelap

Ilustrasi pemasangan kaca film di toko Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Ilustrasi pemasangan kaca film di toko Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan

Biasanya, semakin mahal harga kaca film dapat meredam hawa panas lebih baik ketimbang kaca film murah. Meski begitu, kaca film yang overprice menurut Iin juga tidak masuk akal, pilih yang sewajarnya.

“Selain bisa menahan panas, kaca film yang bagus secara tampilan juga membuat penampilan mobil makin terlihat keren,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Iin mengatakan, harga kaca film di pasaran sangat bervariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari besar kecilnya ukuran mobil.

Baca juga: Pilihan Kaca Film Untuk LMPV dan LSUV dengan Harganya

Toko kaca film Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Toko kaca film Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan

“Kalau di tempat saya itu mulai dari Rp 300 ribuan sampai Rp 3,6 juta, itu untuk mobil seperti Toyota Rush atau Mitsubishi Xpander. Kalau seperti Honda Brio bisa lebih murah,” ujarnya.

Sementara itu soal tingkat kegelapan kaca film, menurutnya banyak konsumen yang lebih menyukai warna gelap karena alasan privasi. Padahal kata Iin, gelap terangnya kaca film akan mempengaruhi visibilitas selama berkendara.

“Konsumen banyak yang minta di depan 40 persen, belakang dan samping 80 persen. Kalau menurut saya, depan pakai yang clear atau 20 persen saja, kalau belakang dan samping 60 persen. Itu sudah lumayan gelap,” ucapnya.

Intinya, dalam memilih kaca film jangan hanya dari tingkat gelapnya saja. Semakin gelap kaca film tentu akan berpengaruh pada visibilias berkendara. Kaca film berfungsi untuk menahan panas sinar matahari, tanpa terpengaruh dari tingkat kegelapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com