Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Mesin Jimny dan Carry Itu Kembar

Kompas.com - 21/01/2020, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Jimny generasi kedua dengan kode bodi SJ410 menggunakan mesin 4 silinder 1.000 cc dengan kode mesin F10A.

Ternyata mesin tersebut juga dipakai pada Suzuki Carry ST100 atau yang biasa kita lihat beroperasi sebagai angkutan perkotaan (angkot).

Dennis Emmanuel, pemilik dari bengkel modifikasi dan restorasi Jimny di Jakarta Selatan mengatakan kalau mesin Jimny SJ410 sama persis dengan mesin yang digunakan angkot Carry yang 1.000 cc.

“Misalnya seperti piston, klep, distributor, timing belt, blok bawah, dan lainnya. Semuanya bisa diganti dari Carry,” ucap Dennis kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Simak Perbedaan Jimny dan Katana

mesin jimnyKompas.com/Fathan Radityasani mesin jimny

Dikarenakan kesamaan mesin tersebut, mendapatkan komponen untuk mesin masih mudah untuk ditemui. “Untuk spare parts jangan khawatir, masih banyak di pasaran. Original parts masih ada, aftermarket juga ada, pengganti OEM juga ada,” kata Dennis.

Begitupun yang dikatakan Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS. Harold mengatakan, kalau spare parts OEM untuk Jimny dan Katana masih disediakan sampai 25 tahun setelah mobil tersebut discontinue.

“Masih disediakan di pasaran,” ucap Harold kepada Kompas.com.

Karena Katana terakhir adalah tahun 2006, berarti spare parts untuk Katana masih tersedia sampai tahun 2031.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com