Simak Perbedaan Jimny dan Katana

Kompas.com - 20/01/2020, 18:22 WIB
Ilustrasi Suzuki Katana saat awal meluncur Tabloid OtomotifIlustrasi Suzuki Katana saat awal meluncur

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Jimny generasi ke dua memulai produksinya pada 1981. Lalu pada 1986 Suzuki menamai versi 4X2 Jimny menjadi Katana. Jimny dan Katana pada tahun produksi yang sama memiliki model eksterior dan interior yang tidak berbeda.

Jika dibandingkan setiap tahunnya, pasti ada perubahan-perubahan kecil seperti penggantian headlamp dari bulat menjadi kotak, bagian interior, dasbor, dan banyak lagi. Pada artikel ini akan membandingkan Jimny SJ410 yang paling tua (1981) dan Katana yang paling terakhir diproduksi (2006).

Dennis Emmanuel, pemilik dari bengkel modifikasi dan restorasi Jimny, MMC 4X4 mengatakan, perbandingan yang signifikan bisa dilihat dari Jimny yang paling tua dan Katana yang paling muda.

Baca juga: Upgrade Suspensi Jimny Sesuai Ukuran Ban, Biar Nyaman

jimny sj410Kompas.com/Fathan Radityasani jimny sj410

“Jimny yang awal itu belum ada air conditioner (AC) nya sedangkan Katana tahun 2006 sudah memiliki AC standar dari pabrikannya,” ucap Dennis kepada Kompas.com belum lama ini.

Transmisi yang digunakan juga berbeda, pada Jimny tahun 1981 masih menggunakan 4 percepatan sedangkan pada Katana tahun 2006 memiliki transmisi manual 5 percepatan. Untuk mesin sejak tahun 1981 tetap sama menggunakan mesin 1.000 cc 4 silinder dengan kode mesin F10A.

“Untuk sisi kemudi dan pengereman, kedua mobil ini memiliki perbedaan. Jimny tidak memiliki power steering dan semua remnya masih tromol. Sedangkan pada Katana, sudah dilengkapi power steering dan rem cakram pada kedua roda depan,” kata Dennis.

Baca juga: Ragam Aliran Modifikasi Jimny Retro

Perbedaan yang jelas ada pada penggerak dan per daun yang digunakan. Jimny dari standarnya sudah berpenggerak 4 roda, sedangkan Katana hanya penggerak roda belakang. Perbedaan per daun dari tipe per nya, Jimny hard type dan Katana soft type.

“Ini adalah perbedaan yang signifikan antara kedua mobil, jika dibagi setiap tahunnya akan sangat banyak perbedaan dari mulai eksterior, interior, dan varian. Kalau mesin masih sama saja 1.000 cc,” tambah Dennis.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X