Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antara Jilbab dan Helm, Harus Aman dan Nyaman saat Digunakan

Kompas.com - 20/01/2020, 19:19 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para pengguna sepeda motor, tidak terkecuali bagi para wanita yang berhijab yang kesehariannya menggunakan motor.

Namun banyak wanita yang masih bingung untuk memilih tipe helm apa yang cocok untuk mereka. Banyak hal yang menjadi pertimbangan dari segi harga maupun kenyamanan.

Idealnya, menggunakan helm jangan sampai mengganggu kewajiban perempuan muslim dalam memakai jilbab.

Namun, untuk sektor keamanan, memakai helm bagi yang berhijab juga tidak boleh asal pakai, tetap diutamakan sektor aman dan nyaman.

Baca juga: Helm Replika Masih Jadi Andalan Sebagian Pencinta Helm

Ilsya Septiana, Marketing dan Shop Keeper RC Motogarage mengatakan, memang belum ada helm khusus hijab. Namun, untuk wanita berhijab disarankan memilih helm dengan batok yang agak cembung.

Helm Arai yang bisa digunakan untuk wanita yang ada di RC MotogarageKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Helm Arai yang bisa digunakan untuk wanita yang ada di RC Motogarage

“Kalau hijab itu ada kunciran di belakang yang bikin tidak nyaman pakai helm. Sederhananya  harus mengalahkan kunciran itu supaya nyaman saat dipakai helmnya, karena itu untuk safety juga,” jelas Ilsya, kepada Kompas.com, Senin (20/1/2020).

Baca juga: Pakai Jurus Satu Jari, buat Wanita saat Memilih Helm

Memilih helm dengan batok yang agak cembung juga bisa menjadi jalan keluar untuk wanita berhijab karena akan memberikan ruang bagi kunciran di hijabnya.

RC Motogarage yang menjual helm ipremium, mengatakan merek Arai bisa menjadi salah satu pilihan bagi wanita.

“Kalau untuk wanita helm Arai paling pas, karena memiliki batok yang slim dibandingkan dengan helm lainnya,” kata Ilsya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com