Antara Jilbab dan Helm, Harus Aman dan Nyaman saat Digunakan

Kompas.com - 20/01/2020, 19:19 WIB
Helm Nolan half face Kompas.com/Aprida Mega NandaHelm Nolan half face

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para pengguna sepeda motor, tidak terkecuali bagi para wanita yang berhijab yang kesehariannya menggunakan motor.

Namun banyak wanita yang masih bingung untuk memilih tipe helm apa yang cocok untuk mereka. Banyak hal yang menjadi pertimbangan dari segi harga maupun kenyamanan.

Idealnya, menggunakan helm jangan sampai mengganggu kewajiban perempuan muslim dalam memakai jilbab.

Namun, untuk sektor keamanan, memakai helm bagi yang berhijab juga tidak boleh asal pakai, tetap diutamakan sektor aman dan nyaman.

Baca juga: Helm Replika Masih Jadi Andalan Sebagian Pencinta Helm

Ilsya Septiana, Marketing dan Shop Keeper RC Motogarage mengatakan, memang belum ada helm khusus hijab. Namun, untuk wanita berhijab disarankan memilih helm dengan batok yang agak cembung.

Helm Arai yang bisa digunakan untuk wanita yang ada di RC MotogarageKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Helm Arai yang bisa digunakan untuk wanita yang ada di RC Motogarage

“Kalau hijab itu ada kunciran di belakang yang bikin tidak nyaman pakai helm. Sederhananya  harus mengalahkan kunciran itu supaya nyaman saat dipakai helmnya, karena itu untuk safety juga,” jelas Ilsya, kepada Kompas.com, Senin (20/1/2020).

Baca juga: Pakai Jurus Satu Jari, buat Wanita saat Memilih Helm

Memilih helm dengan batok yang agak cembung juga bisa menjadi jalan keluar untuk wanita berhijab karena akan memberikan ruang bagi kunciran di hijabnya.

RC Motogarage yang menjual helm ipremium, mengatakan merek Arai bisa menjadi salah satu pilihan bagi wanita.

“Kalau untuk wanita helm Arai paling pas, karena memiliki batok yang slim dibandingkan dengan helm lainnya,” kata Ilsya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X