Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helm Terkenal Kelewat Mahal, Ada Juga yang Replika

Kompas.com - 20/01/2020, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm  dengan merek terkenal harganya mahal, karena itu ada beberapa produsen yang mencontek desain tertentu. Bahkan bukan hanya grafisnya saja, tapi juga desain batok dan interiornya.

Ahmad M salah satu anggota Belajar Helm, komunitas pecinta helm yang juga aktif sosialisasi kampanye keselamatan, mengatakan, saat ini ada beberapa helm replika dengan banderol cukup murah.

Baca juga: Kenali Perbedaan antara Helm Open Face dan Half Face

"Untuk helm copy-an ada Arai Ram 4 (open face) mereknya TSR, bentuknya mirip sampai finishing interiornya kalau orang awam pasti susah bedainnya karena menyontek  1:1," kata Ahmad kepada Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

AGV Pista KOMPAS.com/Gilang AGV Pista

Selain TSR asal Malaysia, ada juga beberapa merek asal China yang mirip AGV Pista. Helm replika itu dijual dengan banderol Rp 5 jutaan, hanya setengah dari harga helm original yang berkisar Rp 12 jutaan.

"Bahkan sekarang ada yang nyontek merk Arai yang tipe carbon cuma dengan harga 5 jutaan juga," imbuhnya.

Baca juga: Perbedaan Helm Buat Balap Mobil dan Motor

Ahmad mengatakan, sekilas mungkin sulit membedakan jelm replika dan yang asli. Pembuktiannya ada pada sticker sertifikasinya, dan tentu kualitas perlindungan ketika terjadi tabrakan atau kecelakaan.

"Bedanya di sticker, tapi seandainya perbandingan secara kasat mata agak sulit, engga bisa dilihat. Jadi itulah yang bikin ragu para konsumen, tapi dari segi harga udah jauh beda," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com