Helm Replika Masih Jadi Andalan Sebagian Pencinta Helm

Kompas.com - 20/01/2020, 09:42 WIB
Helm Arai Open Face Foto: Facebook/BikerStation - IlustrasiHelm Arai Open Face


JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan dan keinginan adalah hal yang berbeda. Namun, salah satu alasan helm replika cukup disukai para pencinta helm karena harga jual yang relatif miring ketimbang barang orisinal.

Ahmad M, anggota Belajar Helm, komunitas pencinta helm, mengatakan, saat ini ada beberapa helm replika dengan banderol cukup murah. Salah satunya helm TSR asal Malaysia yang mencontek Arai Ram4.

Baca juga: Kenali Perbedaan antara Helm Open Face dan Half Face

"TSR copy-an Arai Ram 4 (open face) mirip dari segi bentuk sampai finishing interiornya, kalau orang awam pasti susah membedakan," kata Ahmad kepada Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

Helm TSR replika Arai Ram 4 Helm TSR replika Arai Ram 4

Ahmad mengatakan, TSR disukai karena helm aslinya sudah mengeluarkan motif keluaran Arai.

"Ada yang dia enggak perlu di-repaint karena ada motif keluaran Arai. Logonya TSR, tapi bisa dicopot, gampang diganti. Karena Arai pun memang pakai sticker juga di semua helmnya," katanya.

Baca juga: Perbedaan Helm Buat Balap Mobil dan Motor

Ahmad mengatakan, pembeli helm replika bukannya tidak tahu bahwa produk tersebut tidak asli. Tetapi, karena harganya beda jauh dan sangat mirip sehingga orang tergoda untuk mempunyainya, apalagi jika tujuannya digunakan harian.

"Penjualnya bilang, bahkan ada yang kasih bonus sticker Arai. Waktu itu sih temen pakai TSR tabrakan cuma lecet aja, enggak sampai pecah batoknya. Dengan harga Rp 1,5 juta, lumayan buat harian," katanya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X