Bocoran Jadwal Peluncuran Suzuki Ertiga Versi SUV, XL7

Kompas.com - 14/01/2020, 13:42 WIB
Suzuki XL6, Etiga SUV meluncur di India Suzuki XL6, Etiga SUV meluncur di India
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinyal PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk meluncurkan Ertiga versi sport utility vehicle (SUV) rupanya makin kencang. Apalagi setelah foto-foto penampakan Ertiga XL7 mulai banyak beredar di dunia maya.

Meski pihak SIS sendiri belum mau membuka keran informasi soal Ertiga versi SUV ini, namun sudah ada bocoran dari wiraniaganya yang mengatakan XL7 siap meluncur di Februari 2020.

"Kami dapatnya kabarnya seperti itu (Februari), tapi untuk harga kita belum ada. Beberapa konsumen sudah mulai ada yang mau pesan juga," kata tenaga penjual Suzuki di Jakarta Timur kepada Kompas.com, Selasa (14/1/2020).

Baca juga: Menanti Kehadiran Suzuki Ertiga Crossover

Wiranaga tersebut juga tak menampik bila sudah mulai mengencarkan informasi soal hadirnya Ertiga SUV bulan depan kepada calon konsumennya. Tapi soal spesifikasi teknisnya, dia mengaku belum mendapat detail yang lengkap.

Secara terpisah, saat mengkonfirmasikan hal ini, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS Harold Donnel, menjelaskan bila informasi dan langkah yang dilakukan tenaga penjual tersebut hanya menupakan insiatif pribadi untuk mengambil potensi penjualan bagi diri sendiri atau dilernya.

Suzuki XL6, Ertiga SUV Suzuki XL6, Ertiga SUV

"Itu inisiatif dari mereka saja, kalau kami mencoba untuk serapih mungkin membuat aturan untuk diler. Artinya, jikalau XL7 dijual, kami akan menentukan kepada diler kapan indennya dimulai, tapi sampai saat ini sendiri kami memang belum menerbitkan info soal itu," ujar Harold kepada Kompas.com.

Kemudian mengenai isu XL7 yang dikabarkan bakal mengaspal di Februari 2020, Harold pun belum mau berbicara banyak. Dia hanya mengatakan lebih baik menunggu informasi resminya dari SIS.

"Untuk informasi yang disampaikan meluncur di Februari tersebut, kami tidak bisa mengamini dan menjanjikan apakah informasi dari sales itu valid atau tidak," kata Harold.

Baca juga: Suzuki Kasih Sinyal Hadirnya Ertiga Crossover

Kabar kehadiran Ertiga SUV memang sudah ramai diperbincangkan sejak akhir 2019 lalu. Bahkan Direktur Marketing 4W PT SIS Donnya Saputra, tak menampik bila memang pasar di segmen low SUV cukup seksi di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan tiga baris.

"LSUV ini menarik, apalagi kalau kita melihat untuk Indonesia yang paling disukai adalah semua hal yang berkaitan dengan tiga baris. Saat ini kita ada tiga SUV, tapi dari tiga itu yang pure SUV baru satu," ujar Donny beberapa waktu lalu.

Suzuki XL6, Ertiga SUV Suzuki XL6, Ertiga SUV

Sedangkan untuk informasi hadirnya Ertiga SUV didapat awak media ketikan menghadiri fasilitas pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat. Salah satu sumber internal Suzuki mengatakan bila awal 2020 pabrik tersebut akan memproduksi Ertiga baru.

Namun demikian nama dan modelnya akan berbeda dengan yang meluncur di India. Bila di India menggunakan nama XL6, untuk Indonesia akan menyematkan nama XL7.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X