Menanti Kehadiran Suzuki Ertiga Crossover

Kompas.com - 19/12/2019, 14:04 WIB
Suzuki XL6, Eritiga SUV meluncur di India Suzuki XL6, Eritiga SUV meluncur di India
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Suzuki memboyong varian Ertiga crossover ke Indonesia rupanya masih tanda tanya.

Meski sudah ada beberapa keran informasi yang membocorkan soal kehadiranya di 2020, namun pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih enggan untuk berbicara secara terang-terangan.

Ketika dikonformasi, Direktur Pemasaran 4W PT SIS Donny Ismi Saputra, hanya memberikan pernyataan bila di 2020 nanti Suzuki akan merilis beberapa model untuk konsumen di Tanah Air.

Baca juga: Suzuki Pastikan Ertiga Crossover Diproduksi di Indonesia

"Akan ada beberapa model di tahun depan, lebih dari satu. Kami sudah janji setiap tahunnya kami pasti ada pembaruan, jadi tunggu saja informasi lebih lanjutnya," kata Donny kepada beberapa media di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Suzuki XL6, Etiga SUV meluncur di India Suzuki XL6, Etiga SUV meluncur di India

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Suzuki di India sudah merilis XL6. Walau menggunakan basis yang sama dengan Ertiga, namun tampilannya dibuat lebih kokoh dengan kaki-kaki yang sedikit lebih jenjang ala sport utility vehicle (SUV).

Salah satu pertimbangan Suzuki meluncurkan Ertiga XL6, tak lain karena memang tren SUV murah yang diakui makin meningkat tiap tahunnya. Bahkan beberapa merek Jepang pun sudah mulai melebarkan varian ke segman LSUV, contoh seperti Mitsubishi Xpander Cross.

Belum lagi tahun depan dikabarkan duet produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu yang baru meluncur di Jepang juga akan masuk ke Indonesia, yakni Raize dan Rocky.

Baca juga: Suzuki Kasih Sinyal Hadirnya Ertiga Crossover

Suzuki XL6, Ertiga SUV Suzuki XL6, Ertiga SUV

"Jadi intinya tiap tahun pasti ada penyegaran, terutama untuk produk yang memang menjadi backbone kami. Bukan hanya Ertiga saja, tapi produk-produk yang kami buat di sini (Indonesia)," ucap Donny.

Beberapa waktu lalu, Donny juga sudah sempat menjelaskan soal XL6 yang ada di India bila masuk Indonesia akan berbeda. Bahkan diklaim nantinya juga akan diproduksi secara lokal di Cikarang, Jawa Barat, untuk menyesuaikan karakteristik konsumen lokal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X