Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Kehadiran Suzuki Ertiga Crossover

Kompas.com - 19/12/2019, 14:04 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Suzuki memboyong varian Ertiga crossover ke Indonesia rupanya masih tanda tanya.

Meski sudah ada beberapa keran informasi yang membocorkan soal kehadiranya di 2020, namun pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih enggan untuk berbicara secara terang-terangan.

Ketika dikonformasi, Direktur Pemasaran 4W PT SIS Donny Ismi Saputra, hanya memberikan pernyataan bila di 2020 nanti Suzuki akan merilis beberapa model untuk konsumen di Tanah Air.

Baca juga: Suzuki Pastikan Ertiga Crossover Diproduksi di Indonesia

"Akan ada beberapa model di tahun depan, lebih dari satu. Kami sudah janji setiap tahunnya kami pasti ada pembaruan, jadi tunggu saja informasi lebih lanjutnya," kata Donny kepada beberapa media di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Suzuki XL6, Etiga SUV meluncur di India Suzuki XL6, Etiga SUV meluncur di India

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Suzuki di India sudah merilis XL6. Walau menggunakan basis yang sama dengan Ertiga, namun tampilannya dibuat lebih kokoh dengan kaki-kaki yang sedikit lebih jenjang ala sport utility vehicle (SUV).

Salah satu pertimbangan Suzuki meluncurkan Ertiga XL6, tak lain karena memang tren SUV murah yang diakui makin meningkat tiap tahunnya. Bahkan beberapa merek Jepang pun sudah mulai melebarkan varian ke segman LSUV, contoh seperti Mitsubishi Xpander Cross.

Belum lagi tahun depan dikabarkan duet produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu yang baru meluncur di Jepang juga akan masuk ke Indonesia, yakni Raize dan Rocky.

Baca juga: Suzuki Kasih Sinyal Hadirnya Ertiga Crossover

Suzuki XL6, Ertiga SUV Suzuki XL6, Ertiga SUV

"Jadi intinya tiap tahun pasti ada penyegaran, terutama untuk produk yang memang menjadi backbone kami. Bukan hanya Ertiga saja, tapi produk-produk yang kami buat di sini (Indonesia)," ucap Donny.

Beberapa waktu lalu, Donny juga sudah sempat menjelaskan soal XL6 yang ada di India bila masuk Indonesia akan berbeda. Bahkan diklaim nantinya juga akan diproduksi secara lokal di Cikarang, Jawa Barat, untuk menyesuaikan karakteristik konsumen lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com